Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Milu Siram "Binte Biluhuta" (Penelitian Pada mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Di Universitas Negeri Gorontalo)

Penulis

  • Larasati Sukmadewi Wibowo Agribussiness Department of Agriculture Faculty Gorontalo State University

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v6i1.2227

Kata Kunci:

term1, term2, term3

Abstrak

Tujuan penelitian ini adala untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian makanan milu siram khas Gorontalo studi kasus pada mahasiswa kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Modul Nusantara. Lokasi penelitian di Universias Negeri Gorontalo Kampus 1, Provinsi Gorontalo. Pelaksanaan penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada mahasiswa peserta kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Modul Nusantara yang mengikuti kegiatan ini secara luring di Universitas negeri Gorontalo berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 21 orang responden. Data analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan penentuan skoring pada kuisioner dengan metode skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Faktor Sosial (X2) memiliki nilai signifikansi 0,41 maka < 0,10 persen maka berpengaruh, variabel Faktor psikologi (X4) memiliki nilai signifikansi 0,09 maka < 0,10 persen maka berpengaruh, variabel budaya, psikologis dan pribadi secara bersama-sama mampu mempengaruhi variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian sebesar 0,837 atau 83,7% sedangkan sisanya 16,3% dipengaruhi oleh variabel lain tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Regresi Linear Berganda, Keputusan Pembelian

Biografi Penulis

Larasati Sukmadewi Wibowo, Agribussiness Department of Agriculture Faculty Gorontalo State University

Agribussiness Dosen Asisten Ahli

Referensi

Bpkp, 2018 http://www.bpkp.go.id/gorontalo/konten/3108/Kuliner-dan-Gastronomi. Makanan Khas Gorontalo

Ghoni, Abdul. 2006. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi terhadap perilaku konsumen (Studi Pembelian rumah di perumahan Griya Semarang

Engel, James F., Roger D Blackwell, dan Paul W Miniard. 1994. Perilaku Konsumen, Alih bahasa Budiyanto, Jakarta : Binarupa Aksara.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa : benyamin Molan. Jakarta : PT. INDEKS.

Panduan Penyusunan Modul Nusantara 2021, Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Kementrian Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Schiffman, Leon, L. Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. INDEKS.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rodaskaya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-20

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)