ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELUR AYAM RAS PADA RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG

Adiyoso Bagus Kumolo, Kustopo Budiraharjo, Wahyu Dyah Prastiwi

Abstrak


Telur ayam ras merupakan hasil dari peternakan ayam dan menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam ras pada rumah tangga dan untuk menganalisis elastisitas permintaan telur ayam ras pada rumah tangga di Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari hingga bulan Maret 2022. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode yang digunakan adalah metode survei dan pemilihan sampel ditentukan dengan metode quota sampling dengan memilih sebanyak 120 responden dari 5 pasar tradisional di Kota Semarang. Pengambilan responden menggunakan metode accidental. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel – variabel bebas secara serempak berpengaruh nyata terhadap variabel terikat. Secara parsial harga telur ayam ras, pendapatan konsumen, dan jumlah anggota keluarga berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras. Sedangkan harga barang lain (tempe/tahu), dan selera konsumen tidak berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras. Elastisitas harga telur ayam ras bersifat elastis (-1,225). Tempe merupakan barang pengganti telur ayam ras dengan elastisitas (0,675) dan Tahu merupakan barang komplementer telur ayam ras dengan elastisiras (-0,276). Elastisitas pendapatan (0,482) menunjukkan bahwa telur ayam ras merupakan barang normal.

 

Kata Kunci


Elastisitas, Permintaan, Konsumen, Telur ayam

Teks Lengkap:

View PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. 2021. Kota Semarang dalam Angka 2020. Semarang: BPS Kota Semarang.

Bandrang, T. N. 2015. Analisis permintaan telur ayam ras (Studi Kasus di Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Kuala Pembuang Kalimantan Tengah). J. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 1 (1): 55-64.

Case dan Fair. 2007. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid 1. Erlangga. Jakarta

Cristina, Y. 2018. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras di Pasar Gusher Kota Tarakan. Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan. Tarakan. (Skripsi).

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. 2018. Statistik Peternakan. Jakarta.

Febrianto, N., dan J. A. Putritamara. 2017. Proyeksi elastisitas permintaan telur ayam ras di Malang Raya. J. Ilmu–Ilmu Peternakan, 27 (3): 81-87.

Gani, I. dan S. Amalia. Alat Analisis Data Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair, J. F., Rolph E. R., Babin B. J. dan William C. B. 2014. Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Ilham, N. dan Saptana 2019. Fluktuasi harga telur ayam ras dan faktor penyebabnya. J. Analisis Kebijakan Pertanian. 17 (1): 27-38.

Rahayu, S dan Utami, D. 2015. Buku Ajar Teori Ekonomi Mikro. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Ramadhan, O. P. A. 2021. Analisis Permintaan Telur Ayam Ras di Kabupaten Jember. Universitas Muhammadiyah Jember. Jember (Skripsi).

Saputra, A. A. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras Di Kecamatan Semarang Tengah. Universitas Diponegoro. Semarang. (Skripsi)

Sitorus, S. A., H. Hasyim, dan M. Jufri. 2016. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran telur ayam ras (Studi Kasus: Pasar Petisah, Kecamatan Medan Petisah). J. Agriculture and Agribusiness Socioeconomics. 4 (10): 1-15.

Suwarti, S. A., M. Masyhuri, dan D. Djamhari. 2015. Pengaruh faktor sosial ekonomi rumah tangga terhadap konsumsi produk peternakan di Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. JASEP. 1 (1): 1-16.

Widiawati, I., T. Sumiati, dan P. I. Hardyanti. 2020. Analisis Rantai Pasok Telur Ayam Ras Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelompok Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Gallus Jaya di Desa Setiawaras Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Peternakan. Magelang. Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Yanti, N. G. A. R., dan R. S. Munawaroh. 2020. Faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen pada pasar tradisional. J. Manajemen dan Akuntansi. 20 (2): 152-163.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v5i2.2093

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.