Sikap Petani Padi Sawah Terhadap Eksistensi Saluran Irigasi di Desa Campagaya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar

Alfiah Ulfa Zulfiana, Muhammad Arifin Fattah, Sahlan ;

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui sikap petani padi sawah terhadap eksistensi saluran irigasi dan peran aktor dalam pengaturan pembagian air saluran irigasi di Desa Campagaya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu bulan Januari sampai Februari 2022. Populasi petani padi sawah di Desa Campagaya sebanyak 150 orang, dari jumlah populasi tersebut dilakukan pengambilan sampel secara purposive (sengaja), sampel yang diambil sebanyak 30 orang petani padi sawah. Analisis data yang digunakan adalah analisis skala likert dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap petani padi sawah terhadap eksistensi saluran irigasi di Desa Campagaya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar berada pada kategori tinggi yaitu pada angka 3.500 pada kisaran 3.023–3.773. Sedangkan peran aktor dalam pengaturan saluran irigasi di Desa Campagaya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar terlaksana dengan baik sesuai dengan peraturan sistem irigasi. Masing-masing aktor memiliki tugas dan fungsi tersendiri yang saling berkesinambungan satu sama lain sehingga dengan adanya kerjasama yang baik  antara masing-masing aktor tersebut sehingga tugas dan fungsinya bisa berjalan dengan baik.


Kata Kunci


Sikap; Petani; Padi Sawah; Saluran Irigasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hadinata, S. A. (2021). Perilaku Petani Mempengaruhi Produksi Padi Sawah Irigasi (Studi Kasus: Desa Bukit Maradja, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara).

Handriani, H. (2020). Sikap Petani Terhadap Keberadaan Irigasi Dalam Meningkatkan Pendapatan Usahatani Padi Di Kelurahan PenTojangan Kecamatan Telluwanua (Doctoral dissertation, Universitas Cokrominoto Palopo).

Jumiati, (2018). Pola, Kelembagaan, dan Kontestasi Aktor Dalam Pengelolaan Irigasi Pada Daerah Irigasi Kampili. (Perspektif Kajian Ekologi Politik).

Muslimin, (2014). Sikap Petani Jagung Hibrida Terhadap Pedagang Perantara Di Desa Bulu’loe, Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nashruddin, M. (2019). Sikap Petani Terhadap Jaringan Irigasi Di Kabupaten Lombok Timur. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani 7 (1), 103-113.

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widya, A. N., & Suwarno, W. (2013). Persepsi pemustaka tentang sikap Pustakawan pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Daerah Jepara. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(4), 82-96.

Woy, C. M., Rembang, M., & Onsu, R. R. (2019). Analisis Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Fispol Unsrat Terhadap Isi Berita Akun Anonim Kehidupan Artis Di Instagram. Acta Diurna Komunikasi, 8(2). Iso 690

Yigibalom, Y., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Sikap Mental Petani Dalam Usaha Bidang Pertanian Tanaman Pangan Di Desa Jirenne Kabupaten Lanny Jaya Propinsi Papua. Holistik, Journal Of Social And Culture.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v5i1.1841

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.