PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PETANI KARET RAKYAT DI KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Penulis

  • Bella Fadila Universitas Riau
  • Shorea Khaswarina
  • Yeni Kusumawaty

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1827

Kata Kunci:

Strategi Bauran Pemasaran, Kinerja Pemasaran, Petani Karet Rakyat, Regresi Linier Berganda

Abstrak

Pembangunan subsektor perkebunan dengan pendekatan strategi bauran pemasaran menjadi solusi yang komprehensif dan berkelanjutan bagi perkembangan sumber daya manusia dan ekonomi di wilayah pedesaan. Kinerja pemasaran merupakan faktor yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pemasaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari diferensiasi produk pertanian, fungsionalisasi elastisitas produk pertanian, nilai tambah dan resonansi terhadap kinerja pemasaran pada petani karet rakyat di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini adalah petani karet rakyat dengan sampel 34 petani yang ditentukan melalui metode simple random sampling. Pengujian metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang terdiri dari diferensiasi produk pertanian (X1) dan fungsionalisasi elastisitas produk pertanian (X2) berpengaruh signifikan, serta nilai tambah (X3) dan resonansi (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada petani karet rakyat di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi.  

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi. (2021). Kabupaten Kuantan Singingi dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi. Teluk Kuantan.

Deng R., X. He, Y. Liu, Y. Fu & X.Hu. (2019). Analysis on the application strategy of 4v, marketing mix theory based on the perspective of the perceived value of agricultural products consumer. Advances in Economic, Business and Management Research.

Direktorat Jenderal Perkebunan. (2020). Statistik Perkebunan Indonesia Tahun 2019-2021. Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Jakarta.

Erlina, Y., D. Koestiono. N. Hanani, Syafrial. (2019). The influence of rubber place fluctuation on the performance of smallholder rubber plantation in central kalimantan, indonesia. WSEAS Transactions on Business and Economics.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jablonski, B. B. R., M. Sullins. D. Thilmany. (2019). Community-supported agriculture marketing performance: results from pilot market channel assessments in colorado. Sustainability.

Khaswarina, S., U. Kaltum, R. R. N. Ariawaty. (2021). Market based strategy to anticipate covid-19 pandemic in smallholder rubber plantations in riau province, Indonesia. Asian Journal of Agriculture and Rural Development. 11(3) : 222-229

Kwok, L., Y. Tang, B. Yu. (2020). The 7 Ps marketing mix of home-sharing services: Mining travelers’ online reviews on Airbnb. International Journal of Hospitality Management. 90

Orsi, L., I. D. Noni, S. Corsi, L. V. Marchisio. (2017). The role of collective action in leveraging farmers' performances: lessons from sesame seed farmers' collaboration in eastern chad. Journal of Rural Studies.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wulandari, E., I. Murniaty. (2019). Peningkatan keunggulan bersaing melalui diferensiasi produk dan diferensiasi citra serta pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran ikm kopi di kabupaten temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran. 13(2) : 69 -77.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-24

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)