PERAN NILAI PELANGGAN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PETANI KARET
DOI:
https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1824Kata Kunci:
strategi pasar, strategi bauran pemasaran, nilai pelanggan, kinerja pemasaranAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi pasar dan strategi bauran pemasaran terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh nilai pelanggan. Penelitian dilakukan pada petani karet rakyat di Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden yang dipilih secara Random Sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.0 dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pasar dan strategi bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap nilai pelanggan, strategi pasar dan strategi bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan strategi pasar melalui nilai pelangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan, strategi bauran pemasaran melalui nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.Referensi
Apriansyah, B., & Gama, P.D.S. (2019). Analisis Daya Saing Karet Alam Indonesia dan Variabel- variabel yang Mempengaruhinya. Statistika, 7(2), 1.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
Badan Pusat Statistik Kuantan Singingi. (2020). Kabupaten Kuantan Singingi dalam Angka 2020. Pekanbaru.
Brege, H., & Kindström, D. (2019). Exploring proactive market strategies. Industrial Marketing Management. doi:10.1016/j.indmarman.2019.05.005
Deng, R., He, X., Fu, Y., Liu, Y., & Hu, X. (2019). Analysis on the Application Strategy of ―4V‖Marketing Mix Theory Based on the Perspective of the Perceived Value of Agricultural Products Consumer. Advances in Economics, Business and Management Research. Vol 110.
Funk, C., Raghavan Sathyan, A., Winker, P., & Breuer, L. (2019). Changing climate - Changing livelihood: Smallholder’s perceptions and adaption strategies. Journal of Environmental Management, 109702. doi:10.1016/j.jenvman.2019.109702
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari, V.N., & Madiawati, P.N. (2015). The Influence of Market Strategy and Marketing Mix to Customer Value in Argo Parahyangan Train (The Study at PT. Kereta Api Indonesia (Ltd.) Bandung). E-Proceeding of Management, 2(2), 2066-2073.
Harini, C.,& Yulianeu. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang melalui Strategi Penetrasi Pasar. IKRA-ITH ECONOMICS, 2(1), 59-66.
Jasmani. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus PT. Berkah Motor Wonosari). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(2), 263-280.
Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. (2019). Outlook Komoditas Perkebunan Karet. Kementerian Pertanian. Jakarta
Risal, M., & Salju. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (4Ps) dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada: Industri Kecil Pengolahan Rumput Laut di Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Balance, XIV(1).
Tadesse, G., Bahiigwa, G. (2015). Mobile phones and farmers’ marketing decisions in Ethiopia. World Development. 68, 296–307. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2014.12.010.
Talumewo, C.D., Lapian, J., & Rumokoy. F. (2016). Strategi Pasar Sebagai Pemediasi Antara Lingkungan Pemasaran dengan Kinerja Pemasaran pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA, 4(1), 1340-1354.
Tran, T.L. (2020). Risk assessment of the economic efficiency of rubber production: Case of smallholder rubber production in QuangBinh Province, Vietnam. African Journal of Agricultural Research. Vol. 16(5), pp. 567-573. DOI: 10.5897/AJAR2020.14825.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
|