ANALISIS RISIKO PRODUKSI USAHATANI PADI BEBAS PESTISIDA DI KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Wira Yuda, Fadila Marga Saty, Nuni Anggraini, Fitriani ;

Abstrak


Risiko produksi padi seperti kekeringan dan serangan hama penyakit saat inimenjadi masalah yang semakin kompleks dalam situasi perubahan iklim yangsulit diprediksi. Produksi padi organik dan padi bebas pestisida berbedadibandingkan produksi padi sawah biasa, karena input produksi padi organiktidak menggunakan bahan kimia. Permasalahan yang dihadapi petani padi bebaspestisida yaitu pengendalian hama yang cukup sulit karena sekarang masih dalamtahap penyesuaian menggunakan pestisida organik untuk pengendalian hamadalam kegiatan usahatani padi bebas pestisida. Tujuan penulisan tugas akhiruntuk menganalisis pendapatan usahatani, risiko produksi pada usahatani padibebas pestisida anggota PP Gapsera Sejahtera Mandiri di desa Rejo AsriKecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakanmenggunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Jumlah populasi petanipadi bebas pestisida di Desa Rejo Asri sebanyak 100 petani dengan jumlah sampelsebanyak 50 responden petani. Analisis pendapatan usahatani padi menggunakananalisis biaya produksi, analisis risiko menggunakan Coefisien Variasi denganmembagi standar deviasi dengan rata-rata nilai. Hasil penelitian diketahuipendapatan yang diperoleh petani adalah sebesar Rp 22.056.000,00/ha untuk satukali tanam. Kegiatan usahatani padi bebas pestisida sudah dijalankan secaraefisien dan menguntungkan. Analisis risiko didapatatkan Risiko Produksi yangdihadapi petani yaitu gangguan hama yang menyebabkan kerusakan padatanaman padi bebas pestisida. Risiko Pendapatan dipengaruhi oleh faktoreksternal seperti jumlah produksi padi yang menurun disebabkan gangguanhama, iklim/cuaca yang berubah-ubah dan faktor lain yang mempengaruhi hasilproduksi dan pendapatan petani.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, Z., Humaidi, E., & Andry. (2018). Pengembangan Agribisnis Beras Organik. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian Universitas Jambi, 616–633.

Anggela, R., Refdinal, M., & Hariance, R. (2019). Analisis Perbandingan Risiko Usaha Tani Padi Pada Musim Hujan dan Musim Kemarau di Nagari Mungo Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Joseta: Journal Of Socio-Economics On Tropical Agriculture, 1(1), 36–44.

Asbullah, M., Hapsari, T. D., & Sudarko. (2017). Analisis Risiko Pendapatan Pada Usahatani Padi Organik di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. JSEP, 10(2), 35–42.

Fitriani. (2017). Climate changing impact on rice production. JoFSA, 1(1), 41–46.

Fitriani, Ismono, H., dan Rosanti, N. (2011). Produksi Dan Tataniaga Beras Di Provinsi Lampung. J-SEP, 5(1), 1–11.

Handayani, S., Anggraini, N., dan Yolandika, C. (2018). Efisiensi Usahatani Padi Organik di Kecamatan Candipuro. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian VII, 19–24.

Hasanah, J., Rondhi, M., & Hapsari, T. D. (2018). Analisis Risiko Produksi Usahatani Padi Organik di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Jurnal Agribisnis Indonesia, 6(1), 23–34.

Munizar, Andi, dan Dance, T. (2019). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Padi Sawah Sistem Hambur Benih Langsung di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Agrotekbis, 7(1), 51-58.

Muzdalifah, Masyhuri, dan Suryantini A. (2012). Analisis Pendapatan dan Risiko Pendapatan Usahatani Padi Daerah Irigasi dan Non Irigasi di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 65- 74.

Nelly, S., Safrida, & Zakiah. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Beras Di Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(1), 178–191.

Saptana dan Ashari, (2007). Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Melalui Kemitraan Usaha. Jurnal Litbang Pertanian, 26(4), 123-124.

Sari, S. M., & Mardliyah, A. (2020). Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sehat dan Padi Non Sehat Di Kampung Rejo Asri Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Wacana Pertanian, 16(2), 64–73.

Sawantah, W. (2015). Analisis Risiko Kemitraan Peternak dan KUD Dalam Peternakan Sapi Perah di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. [Skripsi]. Fakultas Pertanian. Universitas Jember. Jember.

Soekartawi. (2002). Analisis Usahatani. Jakarta. UI-Press.

Soekartawi. (2010). Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rajawali Persada.

Sumarno. (2007). Teknologi Revolusi Hijau Lestari untuk Ketahanan Pangan Nasional di Masa Depan. Iptek Tanaman Pangan, 2(2), 132.

Sutarni, Fitriani, dan Unteawati, B. (2016). Analisis Rugi Laba Jangka Pendek Usaha Agribisnis Perikanan Air Tawar Kolam Khusus Ikan Patin di Kabupaten Lampung Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian, 9, 315–326.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v5i1.1768

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.