DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN PASAR DAN DAYA SAING USAHATANI JERUK DI DESA MANUSASI KABUPATEN TTU
DOI:
https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1741Kata Kunci:
Kata Kunci, Buah Jeruk, BCG, PAMAbstrak
Usahatani buah jeruk di Desa Manusasi saat ini terkendala akibat dampak COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) dampak COVID-19 terhadap tingkat pertumbuhan pasar; dan 2) daya saing usahatani buah jeruk. Metode analisis yang digunakan adalah matriks Boston Consulting Group (BCG) dan Policy Analysis Matriks (PAM). Populasi penelitian ini sebanyak 150 petani buah jeruk. Sampel penelitian sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahun 2019 sebelum terjadinya COVID-19 usahatani buah jeruk berada pada kuadran IV (dog). Kuadran tersebut mengindikasikan bahwa buah jeruk memiliki tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar rendah. Sedangkan tahun 2020 usahatani buah jeruk mengalami perubahan pada kuadran I (Question Mark). Artinya usahatani buah jeruk memiliki tingkat pertumbuhan pasar tinggi dan pangsa pasar rendah. Hasil analisis PAM menunjukan pada saat pandemi COVID-19 sedang berlangsung, usahatani buah jeruk memiliki daya saing dikarena nilai RBP sebesar 0.12 dan RBSD sebesar 0.18. Kebijakan pemerintah dapat dilihat pada rasio analisis PAM yaitu nilai koefisien proteksi input nominal (KPIN) sebesar 0.47, koefisien proteksi output nominal (KPON) sebesar 0.17, koefisien proteksi efektif (KPE) sebesar 1.57, koefisien keuntungan (KK) sebesar 1.69, dan rasio subsidi produsen (RSP) sebesar 0.36. Selain itu, terdapat enam strategi pengembangan yakni; 1) memperluas arel usahatani; 2) memanfaatkan tenaga kera; 3) mempertahankan kualitas buah jeruk; 4) menjalin kerja sama; 5) memperluas pasar; dan 6) melakukan promosi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut petani di Desa Manusasi harus terus mengembangkan buah jeruk terutama jeruk manis dan pemerintah perlu mengkaji Kembali kebijakan yang berlaku selama ini dan belum melindungi komoditas jeruk lainnya.
Referensi
Haryono, D., Hartadi, R., Murti, J., & Aji, M. (2011). Analisis daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap produksi kakao di jawa timur 1. 5(2).
Heriyanto, H. (2020). Keunggulan Kompetitif Dan Keunggulan Komperatif Usahatani Kelapa Sawit Pada Lahan Suboptimal Dikabupaten Musi Rawas. Jurnal Agribisnis, 21(2), 150–162. https://doi.org/10.31849/agr.v21i2.3252
Hossain, H., & Kader, M. A. (2020). An Analysis on BCG Growth Sharing Matrix. International Journal of Contemporary Research and Review, 11(10), 1–6. https://doi.org/10.15520/ijcrr.v11i10.848
Irfanda, A. I. (2020). Analisis Daya Saing Di Desa Tleter Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 147. https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.550
Joka, U., & Mambur, Y. P. V. (2020). Daya Saing Komoditas Padi Sawah di Kecamatan Biboki Moenleu Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Agrimor, 5(4), 66–68. https://doi.org/10.32938/ag.v5i4.1176
Keelson, S. A. (2018). An Examination Of The Program Mix At Technical Universities Of Ghana: The Application Of The Boston Consulting Group Matrix. European Journal of Business and Innovation Research, 6(1), 40–53. www.eajournals.org
Khairad, F. (2020). Sektor Pertanian di Tengah Pandemi COVID-19 ditinjau Dari Aspek Agribisnis The Agricultural Sector in the COVID-19 Pandemic Reviewed From the Agribusiness Aspect. 2(2), 82–89.
Krisostomos, Y., Justra, N., & Prihtanti, T. M. (n.d.). KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN METODE PAM ( POLICY ANALYSIS MATRIX ) Competitive and Comparative Advantage of Rice Business in Susukan Subdistrict of Semarang Regency using PAM ( Policy Analysis Matrix ) Method. 1–13.
Lampung, B. (2014). 112810-ID-analisis-strategi-pemasaran-dalam-mening. 5(1).
Maristia, K. (2020). Analisis Matriks Bcg (Boston Consulting Group) Dalam Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar Pada Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Pt. Samsung Elektronik Indonesia Tahun 2019). Jurnal Ekonomika, 11(2), 28–45. https://doi.org/10.35334/jek.v11i2.1436
Nolasary, M. P. (2019). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Analisis Daya Saing Dan Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Bawang. 1–8.
Pratama, S. E., & Nadapdap, H. J. (2019). Strategi Pengembangan Agribisnis Teh PT Perkebunan Tambi Kabupaten Wonosobo. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 19(1), 19. https://doi.org/10.25181/jppt.v19i1.1395
Sahat, D., Manalu, T., & Tinaprilla, N. (2014). Daya Saing Komoditas Kentang di Kabupaten Banjarnegara , Jawa Tengah Pendekatan Policy Analysis Matrix ( PAM ) ( The Competitiveness of Potato Commodities in Banjarnegara-Central Java , using Policy Analysis Matrix ( PAM ) ). 1(1), 1–14.
Science, E. (2020). Mapping of business potentials of Maha orange plantation using the Business Model Canvas and BCG matrix Mapping of business potentials of Maha orange plantation using the Business Model Canvas and BCG matrix. https://doi.org/10.1088/1755-1315/443/1/012045
Setiawan, K., Hartono, S., & Suryantini, A. (2014). Analisis Daya Saing Komoditas Kelapa Di Kabupaten Kupang. Agritech, 34(1), 88–93.
Supristiwendi, S., Indra, S. B., & Hadi, T. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN JERUK MANIS (Citrus sinensis, L) DI KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 5(2), 56–63. https://doi.org/10.33059/jpas.v5i2.868
Syahfitri, D., Nurhadi, E., Amir, I. T., Pertanian, F., Info, A., & Factory, S. (2021). Boston Consulting Group Sebagai Dasar Strategi pada Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. 6(2502), 101–107.
Wiedjarnarko, S., Fauzi, A. M., & Rusli, M. S. (2004). Strategi Distribusi Produk Teh Siap Saji. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(1), 68–77. https://doi.org/10.17358/jma.12.1.68
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
|