STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA COKLAT TEMPE DI KOTA MALANG

Penulis

  • Putra Irwandi Department of Socio Economic Faculty of Agricalture, Brawijaya University
  • Novi Haryati Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian,Universitas Brawijaya
  • Daffa Sandi L Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian,Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1686

Kata Kunci:

SWOT, Strategi, QSPM

Abstrak

Strategi pengembangan usaha sangat penting dilakukan dalam menunjang keberlanjutan usaha yang ada. Salah satu pengaplikasiaan strategi pengembangan yang dilakukan di usaa coklat tempe di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis yakni matriks IFE, EFE, Matriks SWOT dan QSPM. Penelitian berlangsung di Perusahaan Coklat De Tempe, Kota Malang. Hasil yang diperoleh strategi yang dapat dilakukan oleh Perusahaan Coklat Tempe De Konco sebagai berikut. Strategi SO pada Perusahaan Coklat Tempe De Konco dapat dilakukan menambah mesin untuk dapat memanfaatkan tempe menjadi daya jual tinggi. Pada strategi WO Perusahaan Coklat Tempe De Konco dapat melakukan promosi atau pun pemasaran melalui media sosial sehingga akan lebih banyak lagi pengunjung yang mengunjungi Perusahaan Coklat Tempe De Konco. Sedangkan untuk strategi ST Perusahaan Coklat Tempe De Konco dapat melakukan dengan cara menambah diferensiasi produk supaya lebih bervariasi. Untuk strategi WT dapat dilakukan dengan cara menambah mitra kerja sama.

 

Kata kata Kunci: Strategi, SWOT, QSPM

Biografi Penulis

Putra Irwandi, Department of Socio Economic Faculty of Agricalture, Brawijaya University

Department of Socio Economic Faculty of Agricalture, Brawijaya University

Referensi

Aaker, David A. & Alexander L. Biel. 2009. Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brands. Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Hillsdale

Ace, S. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INNI DAWET CINCAU DESA SUMENGKO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 5(8.5.2017), 2003–2005.

Analysis, P. S., Korombel, A., & Åawi, O. (2022). Pyrolysis-Based Municipal Solid Waste Management in.

BAROTO, T., & PURBOHADININGRAT, C. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ppob Kipo Menggunakan Analisis Swot Dan Qspm. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 88.

https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol15.no1.88-102

Leksono, B. B., & Putra, R. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Produk Dangkrik di Dusun Kulubanyu , Kabupaten Mojokerto. 2(1), 235–242.

Ofosu-Boateng, N. R. L. (2017). A SWOT Analysis of Maritime Transportation and Security in the Gulf of Guinea. Open Journal of Social Sciences, 05(08), 14–34. https://doi.org/10.4236/jss.2017.58002

Rego, G., & Nunes, R. (2010). Hospital Foundation: A SWOT Analysis. IBusiness, 02(03), 210–217. https://doi.org/10.4236/ib.2010.23026

Voukkali, I., & Zorpas, A. A. (2022). Evaluation of urban metabolism assessment methods through SWOT analysis and analytical hierocracy process. Science of the Total Environment, 807, 150700. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2021.150700

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2022-06-24

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)