EVALUASI TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PROGRAM PENDAMPINGAN NELAYAN DI DESA KUALA BUBON KABUPATEN ACEH BARAT
DOI:
https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1593Kata Kunci:
Nelayan, Harapan, Kinerja, IPAAbstrak
Desa Kuala Bubon merupakan salah satu sentra perikanan tangkap yang penduduknya 81% berprofesi sebagai nelayan sehingga masyarakatnya bergantung hidup pada sumber daya biota laut. Daerahnya terletak di sepanjang pesisir pantai. Permasalahan yang sering dihadapi nelayan khususnya nelayan kecil di Desa Kuala Bubon adalah hasil tangkapan yang tidak stabil, koordinasi yang belum terjalin baik antara nelayan, pengolahan ikan, dan kios penjualan ikan olahan membuat sumber bahan baku tidak terpenuhi secara konsisten. Maka dari itu adanya pendampingan nelayan dengan tujuan meningkatkan jumlah tangkapan nelayan dan koordinasi yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan pendampingan Nelayan di Desa Kuala Bubon Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian ini menggunakan Skala Likert dan Analisis IPA (Importance Perfomance Analysis) dimana melalui metode tersebut peneliti dapat mengetahui tingkat kepuasan nelayan berdasarkan atribut-atribut penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang bernilai negatif adalah P3, P4, P5, P7, P10, dan P15 dan yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah atribut P5 dan P10. Hal ini menjelaskan adanya kesenjangan persepsi (Performance) terhadap harapan (Importance) nelayan dalam kegiatan pendampingan nelayan di Desa Kuala Bubon. Hasil diagram kartesius IPA, atribut yang perlu dilakukan perbaikan yaitu penggunaan alat dan bahan baku rumpon yang mudah ditemukan, serta dapat berfungsi secara efektif dan efisien, penggunaan lampu suar untuk keselamatan Nelayan.
Referensi
BPS. (2020). 11070.2112. https://doi.org/1102001.1107060
Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. 4(3), 702–714.
Fatmala, W. S., & Rachmadi, A. (2018). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4 . 0 dan Importance Performance Analysis ( IPA ). 2(1), 175–183.
Irawati, D. Y. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus di Fakultas Teknik , Universitas Katolik Darma Cendika. 9(2).
Jeklin, A. (2016). EVALUASI KEGIATAN MAHASISWA DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN DAN PEMBERDAYAAN NELAYAN DI DESA KUALA BUBON KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT. Pengabdian Masyarakat, July, 1–23.
Linus, D., Sinaga, T. S., Pujangkoro, S., Industri, D. T., Teknik, F., Utara, U. S., Almamater, J., & Usu, K. (2013). PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS IMPORTANCE PERFORMANCE DAN POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE ( STUDI KASUS DI PT . XYZ ). 1(2), 15–20.
Panjaitan, E. S., Aryanti, F., Informasi, J. S., & Parsial, S. (2016).
Replikasi TAM pada Penggunaan Portal Akademik. 17(2), 259–268.
Rizal, M., Wiryawan, B., Wisudo, S. H., Solihin, I., Haluan, J., Perikanan, J. I., Perikanan, F., & Umar, U. T. (2017). DI BARSELA ACEH Kinerja Kelompok Usaha Bersama ( KUB ) Nelayan Gillnet di Barsela Aceh Oleh : 8(1), 73–86.
Supriyatna, A., & Informatika, J. M. (2015). PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK. XI(1), 43–52.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
|