PENGARUH EFFORT EXPECTANCY, PENGETAHUAN PRODUK DAN TPB TERHADAP NIAT BELI BIBIT TENERA DI KECAMATAN SELESAI

Penulis

  • Abednego Suranta Karo Sekali Universitas Prima Indonesia
  • Julia Ruminta Lumban Gaol Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v4i1.1249

Kata Kunci:

SEM-PLS, Niat Beli, TPB, Effort Expectancy, Pengetahuan Produk

Abstrak

Produktivitas kelapa sawit petani rakyat masih rendah dibandingankan dengan produktivitas rata-rata Indonesia, untuk meningkatkannya diperlukan bahan tanam kelapa sawit unggul. Bahan kelapa sawit yang berkualitas seperti bibit tenera merupakan salah satu modal utama untuk mendapatkan produktivitas tinggi. Namun pada kenyataannya belum semua petani rakyat menggunakan bibit tenera. Maka dari itu petani perlu didorong untuk menggunakan bibit tenera agar dapat meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh effort expectancy , pengetahuan produk dan teori TPB (Theory of Planned Behavior) terhadap niat beli bibit tenera pada petani rakyat di Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah SEM-PLS (Structural Equation Modeling). Kesimpulan penelitian antara lain effort expectancy tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli. Norma Subjektif berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli. Pengetahuan Produk berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli, Persepsi Kontrol Perilaku berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli. Sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli.

Biografi Penulis

Julia Ruminta Lumban Gaol, Universitas Prima Indonesia

Univeritas Prima Indonesia

Agribisnis

Mahasiswa

Referensi

Abdillah., W dan Jogiyanto. 2009. Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality, and Behavior. 2ndEdition. New York: Open University Press.

Balai Informasi Pertanian (BIP) Irian Jaya. 2000. Lembar Informasi Pertanian (Liptan). No. 109/92. 2 hal.

Corley, R. H. V. and P.B. Tinker. 2016. The Oil Palm. 5 Ed. United Kingdom : Wiley Blackwell.

Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling Teori Konsep Dan Aplikasi. Semarang :Badan Penerbit Undip.

Jelsma, Idsert, George C. Schoneveld, Annelies Zoomers, and A. C. M. Gus van Westen. 2017. “Unpacking Indonesia’s Independent Oil Palm Smallholders: An Actor-Disaggregated Approach to Identifying Environmental and Social Performance Challengesâ€. Land Use Policy69:281–97.

Molenaar, Jan Willem, Meri Persch-Orth, Simon Lord, Clive Taylor, and Job Harms. 2013. Diagnostic Study on Indonesian Palm Oil Smallholders: Developing a Better Understanding of Their Performance and Potential. Jakarta: International Finance Corporation.

Papenfus MM. 2002. Investing in oil palm: an analysis of independent smallholder oil palm adoption in Sumatra, Indonesia. , Bogor : Southeast Asia policy research working paper no. 15. ICRAF Southeast Asia.

Rao Purba. 2006. Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (February–March).

www.lrpi.com. Kebutuhan Riset Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Kelapa Sawit Indonesia. 2005. Diakses pada 12-04-2021 pukul 20.00

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)