ANALISIS KOMPARASI BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI PADA KOMODITAS PADI, KANGKUNG DAN BUNGA KINGKONG (Kasus di Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon)

Dila Aprilia, Amran Jaenudin, Dina Dwirayani

Abstrak


Upaya melakukan perbandingan biaya dan pendapataan usahatani pada berbagai komoditas merupakan hal penting dalam menentukan komoditas mana yang paling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan biaya dan pendapatan usahatani pada komoditas padi, kangkung dan bunga kingkong  di Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon penelitian dilakukan pada bulan Juli-September 2020. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan tenik pendekatan survey. Adapun jumlah sampel ditentukan secara sengaja masing-masing sebanyak 10 responden terdiri dari petani yang berusahatani padi, 10 petani kangkung dan 10 petani bunga kingkong. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa biaya rata-rata tertinggi pada luas lahan yang sama yaitu 100 m2 per tahun yaitu pada usahatani kangkung sedangkan pendapatan rata-rata tertinggi per luas lahan 100 m2  adalah pada usahatani bunga kingkong. Hasil produksi dari ketiga komoditi tersebut pada luas lahan yang sama tidak terlalu berbeda secara signifikan yang membedakan adalah harga jual dari komoditas tersebut. Harga jual bunga kingkong/kg nya  lebih tinggi dibandingkan kedua komoditas lainnya.


Kata Kunci


Bunga Kingkong; Kangkung; Padi, Komparasi Biaya dan Pendapatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adfa, M., & Kasrina. (2001). Pacar air (Impatiens spp.) sebagai Tanaman Obat Masyarakat Bengkulu: Survey Etnobotani dan Keanekaragaman hayati.

Anggraini. (2013). Sistem Tanam dan Umur Bibit pada Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.) Varietas Inpari 13. Jurnal Produksi Tanaman, 1(2), 52–60.

Asri, N. (2005). Kemiskinan Petani. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian.

Creswell, J. (2010). Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan. (2019). Jumlah Produksi dan Luas Panen Produksi Padi, Kangkung dan Bunga kingkong Pada Tahun 2018- 2019.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v4i1.1224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

   

   

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : [email protected]

               ISSN/EISSN :                             UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                                       

 Terindex Oleh :

        

 Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.