PEMETAAN MASALAH DAN PRIORITAS PROGRAM PENGOLAHAN KOPI ARABIKA DI KABUPATEN GARUT

Atia Fizriani, Tintin Febrianti, Ai Yanti Rismayanti, Muhamad Agus Barkah

Abstrak


Kabupaten Garut memiliki keunggulan berupa daya dukung lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman kopi. Beberapa tahun terakhir, budidaya kopi cukup marak, dan untuk meningkatkan nilai tambah aktifitas usahatani kopi ini pun sudah diintegrasikan dengan kegiatan pengolahannya. Beberapa kendala dalam kegiatan pengolahan kopi dipetakan di dalam penelitian dengan tujuan untuk merumuskan beberapa program relevan untuk peningkatan kuantitas dan kualitas pengolahan kopi arabika di Kabupaten Garut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan beberapa metode survey, wawancara dan penelusuran pustaka. Hasil di lapangan didapatkan data bahwasannya salah satu kendala yang seringkali dialami oleh kelompok tani dan pengolah kopi ialah teknis budidaya dan masih tingginya biaya produksi pengolahan kopi karena masih sangat tergantung dengan faktor cuaca dan biaya sewa mesin olahan.


Kata Kunci : Kopi, Arabika, Roasting, Pengolahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaludin, N., & Malik., U. 2018. Pengaruh Konsumsi Kopi Terhadap Peningkatan Tekanan Darah. Jurnal Unimus 1 (5), 44-49.

Bahroin, Anilatul. 2015. Rancang Bangun Sistem Kontrol Suhu Dan Putaran Pada Mesin Penyangrai Kopi Semi Otomatis. JRM 2 (3), 35-39.

Fauziah, U., & Ihwana, A. 2015. Analisis Rantai Nilai Distribusi Kopi di Kabupaten Garut. Jurnal Kalibrasi 1 (13), 1-8.

International Coffee Organization. (2019). Coffee statistics. International Coffee Organization. Retrieved from http://www.ico.org.

Marhaenanto, B., Soedibyo. D., & Farid, M. 2015. Penentuan Lama Sangrai Kopi Berdasarkan Variasi Derajat Sangrai Menggunakan Model Warna RGB Pada Pengolahan Citra Digital. Jurnal Agroteknologi 9(2), 102-111.

Supriadi, H., & Randriani, E. (2013). Kopi Arabika asal Kabupaten Garut memiliki cita rasa terbaik Di Jawa Barat. Medkom Perkebunan Tanaman Industri dan Penyegar, 1(9), 4.

Towaha, J., Purwanto, E., & Supriyadi, H. 2015. Atribut Kualitas Kopi Arabika Pada Tiga Ketinggian Tempat di Kabupaten Garut. Jurnal TIDP 2(1), 29-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v3i2.1187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.