Evaluasi Kesesuaian Lahan Pada Tanaman Tembakau (Nicotiana tabacum L.) di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Menggunakan Sistem Informasi Geografis

Nisrin Sumia Hidayanti, Silma Hanifah Siti Mutmainah, Bayyinah Nur Amaliah, Delfis Yoga Pratama, Ardli Swardana

Sari


Tembakau (Nicotiana tabacum L.) merupakan salah satu tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dimana kebutuhannya diperlukan untuk industri tertentu. Kegiatan budidaya tanaman, khususnya tembakau yang tidak disertai dengan evaluasi lahan dapat menyebabkan kurang maksimalnya produksi dan dampak lanjutnya dapat menyebabkan degradasi lahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat serta sebaran kesesuaian lahan untuk tanaman tembakau di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Metode penelitian dilakukan menggunakan overlay dan metode skoring dan bobot terhadap parameter-parameter kesesuaian lahan pada Sistem Informasi Geografis melalui aplikasi ArcGIS. Parameter-parameter yang digunakan untuk evaluasi kesesuaian lahan pada penelitian ini antara lain curah hujan, tekstur tanah, pH tanah, kemiringan lereng lahan, dan sebaran penggunaan lahan. Hasil penelitian menunjukkan kelas kesesuaian lahan di Kecamatan Banyuresmi untuk tanaman tembakau adalah sangat sesuai (S1) seluas 2127 ha , sesuai marjinal (S2) seluas 3250 ha, dan kurang sesuai (S3) seluas 225 ha. Hasil analisis menunjukkan tidak ditemukannya ketidaksesuaian lahan untuk tanaman tembakau di lokasi penelitian, sehingga dapat dikatakan Kecamatan Banyuresmi sesuai untuk tanaman tembakau.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqil, I. Ridwan, A.M., Mustika, I., Sulistyaningrum, T.S., Swardana, A. (2023). Evaluasi kesesuaian lahan pada tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) di Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut menggunakan Sistem Informasi Geografis. Fruitset Sains: Jurnal Pertanian Agroteknologi. 11(4): 235-243.

BPS Provinsi Jawa Barat. (2021). Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2021. Editor: D.Mulyahati. Bandung (ID): BPS Provinsi Jawa Barat

Dewantara, R., dan Azis. (2021). Evaluasi Kesesuaian Lahan Perkebunan Tembakau Di Kabupaten Aceh Tengah Menggunakan Analisis Sistem Informasi Geografis. Jurnal Pendidikan Geosfer VI(1)

Dianawati, M., dan Hamdani, K. K. (2022). Produksi Beberapa Varietas Tembakau Lokal Pada Tanah Regosol Di Kabupaten Garut. Jurnal Bioindustri 4(2)

Fajriatunnisa. (2022). Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Tomat di Desa Sindang Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Skripsi

Muhsoni, F.F. (2010). Kesesuaian Lahan untuk Tembakau di Madura dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Fisika FLUX. 7(1): 73-82.

Mujiyo, D. Nugroho, Sutarno, A. Herawati, G. Herdiansyah, dan Rahayu. (2022). Evaluasi Kemampuan Lahan sebagai Dasar Rekomendasi Penggunaan Lahan di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Jurnal Agrikultura 33(1)

Rahayu. (2011). Evaluasi Daya Dukung Lahan untuk Tanaman Pangan pada Lahan Perkebunan Tembakau Rakyat di Lereng Timur Gunung Sindoro. Jurnal Ilmiah Ilmu Tanah dan Agroklimatologi 8(2)

Ristriana, A. I., Budiyanto, S., dan Purbayanti, E.D. (2023). Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Perkebunan di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Jurnal Agro Industri Perkebunan

Sucipto. (2013). Studi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Tembakau Di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Agrovigor 6(2)

Swardana, A., Januar, R., Mansyur, A, Ismail, F., dan Merdeka, R.G. (2020). Survei Perubahan Penggunaan Lahan Menggunakan Metode Unit Lahan di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. JAGROS (Journal of Agrotechnology Science). 5(1):331-340.

Tary, A. (2023). Strategi Pengembangan Lahan Komoditas Tembaku (Nicotiana taabacum L.) Berdasarkan Potensi Sumberdaya Alam di Kabupaten Jember. Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jagros.v8i2.3764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Garut

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151(0262) 544-214

Email : jagros@uniga.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN/PISSN :                                      UNDUH TEMPLATE :                 KERJA SAMA

           

Pengunjung :

Lihat Status Statistik Jurnal

Terindex Oleh :

    

 Didukung Oleh :

 

Alat (Tools) yang digunakan :

   


Copyright © journal.uniga.ac.id 2016