PEMANFAATAN CENDAWAN Trichoderma sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Abda Fillah Al Intifadha, Hanny Hidayati Nafiah, Novriza Sativa

Abstrak


Selada merupakan tanaman sayuran yang memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan. Pemupukan yang tepat merupakan salah satu faktor penentu dalam menyeimbangkan kesediaan unsur hara yang hilang dan berkurang, salah satunya yaitu dengan penambahan Trichoderma  sp. karena jamur ini mempunyai potensi degradasi dekomposisi berbagai macam substrat heterogen di tanah, interaksi positif dengan inang, dan memproduksi enzim untuk perbaikan nutrisi bagi tanaman. Kendala yang terjadi pada saat ini adalah penggunaan pupuk kimia yang berlebihan salah satu alternatif untuk mengurangi pupuk anorganik yaitu menggunakan Trichoderma sp.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemberian Trichoderma sp. terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Penelitian dilaksanakan di Desa Cisero, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Percobaan dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 4 taraf perlakuan dan 6 ulangan yang terdiri dari ; A (Tanpa media Trichoderma), B (100 g dosis Trichoderma/Plot), C (200 g dosis Trichoderma/Plot), D (300 g dosis Trichoderma/Plot). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perlakuan C (200 g dosis Trichoderma/Plot) memberikan hasil terbaik pada semua parameter yang diamati, dan  menghasilkan produksi Selada 5876,91 kg/ha.

 

Kata kunci : Jamur, , Pupuk organik, Selada, Trichoderma sp..


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dendang, B., dan Hani, A. 2014. Efektivitas Trichoderma spp. dan Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan Bibit Sengon (Falcataria moluccana). Jurnal Penelitian Agroforestry, 2(1): 13–19.

Duaja, M., Arzita, dan Redo, Y. 2012. Analisis Tumbuh Selada (Lactuca Sativa L) Pada Perbedaan Jenis Pupuk Organik Cair. Jurnal Universitas Jambi, 1(1), 33–41.

Halawa, F. P., Sumbayak, R. J., dan Gultom, F. 2023. Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Pak Coy (Brassica rapa L.) terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) dan Pupuk Kalium. Jurnal Agrotekda, 7(1), 138-153.

Haryanto. E.,Suhartini, T., Rahayu.E dan Sunarjono. H. H. 2007. Sawi dan selada. Penebar swadaya. Jakarta

Herlina, L. dan Dewi. 2010. Penggunaan Kompos Aktif Trichoderma Harzianum dalam Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Cabai. Sainteknol: Jurnal Sains dan Teknologi, 8(2): 11-25.

Irfan, M. 2016. Uji Pestisida Nabati Terhadap Hama dan Penyakit Tanaman. Jurnal Agroteknologi, Vol. 6 No. 2: 39-45.

Jayati R.D., dan I. Susanti. 2019. Perbedaan Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Sawi Pagoda Menggunakan Pupuk Organik Cair dari Eceng Gondok dan Limbah Sayur. Jurnal Biosilampari: Jurnal Biologi, 1(2) : 73 77.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jagros.v8i1.3503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Garut

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151(0262) 544-214

Email : jagros@uniga.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN/PISSN :                                      UNDUH TEMPLATE :                 KERJA SAMA

           

Pengunjung :

Lihat Status Statistik Jurnal

Terindex Oleh :

    

 Didukung Oleh :

 

Alat (Tools) yang digunakan :

   


Copyright © journal.uniga.ac.id 2016