Pengenalan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Praktis dan Berbasis Permainan Pada Forum Pemuda Desa Wisata dalam Peningkatan Skill Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v4i2.42843Abstract
Bahasa Inggris praktis merupakan keterampilan penting dalam mendukung sektor pariwisata, terutama di desa wisata dengan potensi kunjungan wisatawan mancanegara. Namun, banyak anak muda di Desa Wisata Rancabango, Garut, masih kesulitan menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dasar dalam bahasa Inggris melalui pendekatan yang menarik dan praktis dengan metode permainan. Metode ini menggabungkan permainan edukatif dengan pendekatan Total Physical Response (TPR) untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, kontekstual, dan ramah anak muda. Pelatihan dilakukan dalam sesi intensif selama lima jam yang melibatkan delapan belas peserta muda dari forum desa setempat. Berbagai permainan seperti tebak kata, bermain peran pemandu wisata, temukan tim Anda, dan bicara dan bertindak diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara, kerja sama tim, dan kepercayaan diri peserta. Evaluasi melalui tes awal dan tes akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata, kepercayaan diri berbicara, dan kemampuan menyampaikan informasi dasar terkait pariwisata dalam bahasa Inggris. Selain itu, para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dan semangat kolaboratif. Hasil program ini menunjukkan bahwa metode permainan merupakan pendekatan yang efektif untuk mengembangkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris praktis sekaligus memperkuat kapasitas pemuda sebagai agen aktif dalam pembangunan berkelanjutan desa wisata.
Kata kunci: metode permainan, bahasa Inggris praktis, pemuda desa, pelatihan interaktif.
References
1. Clement, A., & Murugavel, T. (2018). English for the workplace: The importance of English language skills for effective performance. The English Classroom, 20(1), 1-15.
2. Kovalenko, I. V., & Skvortsova, T. P. (2022). Game technologies and gamification techniques in teaching English: An analysis of pedagogical experience. RUDN Journal of Psychology and Pedagogics, 19(2), 382-392.
3. Zhang, F. (2018, March). The application of game-based approach in primary school English teaching. In 2nd International Conference on Economics and Management, Education, Humanities and Social Sciences (EMEHSS 2018) (pp. 595-600). Atlantis Press.
4. An Nisa, N., & Suwartono, T. (2020). Fun ways in learning English. Journal of Applied Linguistics (ALTICS), 2(1), 44-51.
5. Redlarska, J. (2020). Games and fun activities as a tool for teaching English to young learners.
6. Liu, F., Vadivel, B., Rezvani, E., & Namaziandost, E. (2021). Using games to promote English as a foreign language learners’ willingness to communicate: Potential effects and teachers’ attitude in focus. Frontiers in psychology, 12, 762447.
7. Casanova-Mata, I. (2023). Enhancing English acquisition: Effects of Among Us game-based gamification on language competence, motivation, attention, and attitude towards the English subject. Education Sciences, 13(11), 1094.
8. Ahmadpour, F., Mohammadi, S., & Lotfi Dehgan, Z. (2022). The Effect of Using Gaming Techniques on Students' Oral Language Abilities in EFL Online Classes: An Action Research. Journal of Research in Techno-based Language Education, 2(2), 31-48.
9. Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 3(1), 38-47.
10. Dimitrov, D. M., & Rumrill, Jr, P. D. (2003). Pretest-posttest designs and measurement of change. Work, 20(2), 159-1


