Membangun Generasi Literat: Pendampingan Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa Sekolah Dasar GIS Prima Insani Kabupaten Garut

Authors

  • Nenden Munawaroh Universitas Garut
  • Aceng Ulumudin
  • M Tajudin Zuhri Universitas garut
  • Puji Fauziah Universitas garut
  • Ijudin Universitas garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v4i2.42810

Abstract

Kemampuan literasi merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang kritis, kreatif, dan mampu berkontribusi dalam masyarakat berbasis pengetahuan. Artikel ini membahas program pendampingan karya tulis ilmiah (KTI) yang diterapkan di Sekolah Dasar GIS Prima Insani, Kabupaten Garut, sebagai upaya menumbuhkan budaya literasi sejak dini. Melalui pendekatan berbasis praktik dan kolaboratif, pendampingan ini bertujuan membekali siswa dengan keterampilan menulis yang sistematis, berpikir logis, serta kemampuan menyampaikan gagasan secara ilmiah. Metode yang digunakan meliputi workshop penulisan, bimbingan intensif, dan evaluasi berkala. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan motivasi belajar, keberanian dalam mengemukakan pendapat, serta kemampuan menyusun KTI sederhana di kalangan siswa. Program ini diharapkan menjadi model inspiratif bagi sekolah lain dalam menumbuhkan literasi akademik sejak tingkat dasar.

 

Kata Kunci: Literasi, Karya Tulis Ilmiah, Sekolah Dasar

 

References

Asif Nur Fauzi, O. M., Maizul Habibah, S., Subekti, H., Safitri, M., Syaikhona Kholil Sidogiri, S., Negeri Surabaya, U., & Ulul Albab Taman, S. (2023). Pendampingan Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa Sma Ulul Albab Dalam Meningkatkan Kemampuan Meneliti Dan Keterampilan Penulisan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 114–119.

Caroline, T. F., Fitri, N., & Rachman, I. F. (2025). Peningkatan Literasi Reflektif Siswa Sekolah Dasar melalui Proyek P5 tentang Pengungsi Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(10), 467–475.

Helenia, I., Zubaidah, & Bistari. (2017). Pengaruh Pemberian Bentuk Umpan Balik (Feedback) Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 1–8.

Husni Dwi Syafutri, Muhammad Danu Saputra, & Natuliyantari. (2022). Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(1), 51–63. https://doi.org/10.35141/jie.v5i1.289

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Intan, T., Handayani, V. T., & Saefullah, N. H. (2021). Membangun Generasi Kritis Melalui Keterampilan Literasi Digital. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 89. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6404

Lembaga LIPI. (2022). Buku Pedoman Karya Tulis Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 2022. Jurnal Pendidikan, 9–21.

Lubis, W. A., Pulungan, H. I. M., Rangkuti, A. M., Sari, I. P., Cantika, L., & Lubis, S. (2024). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Meningkatkan Literasi Menulis Peserta Didik Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Pengabdian Sosial, 1(5), 351–356. https://doi.org/10.59837/k5njm203

Marsitah, I., Annisa, C. N., Yani, S., Oktari, E., & Rainapia, R. (2023). Pelatihan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Karya Tulis Ilmiah Pada Anak Di Sd 22 Peusangan. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 53–58. https://doi.org/10.58471/pkm.v2i03.1411

Odah, A., & Yuniarti, Y. (2023). Budaya Literasi Sekolah untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Basic Edu, 7(6), 4193–4203.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. 146–156.

Putri, I. T. A., Agusdianita, N., & Desri, D. (2024). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Era Digital. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 2057–2066. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92427

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Sari, N., Apriyanti, N. M. L., & ... (2024). Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Literasi Baca dan Tulis Anak-Anak. Citizen: Jurnal …, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.53866/jimi.v4i2.533

Sri Melianty Aliwu, Nurhayati Tine, & Nunung Suryana Jamin. (2024). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Membiasakan Perilaku Mandiri pada Anak di TK Al-huda Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 220–227. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i4.1377

SUHARDI, M., & GUNAWAN, I. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556

Sumiati, S., Kurniawan, E. S., & Saputri, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Menulis Ilmiah Siswa SMA Melalui Kegiatan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah Remaja. Jurnal Gerakan Mengabdi Untuk Negeri, 1(3), 79–85. https://doi.org/10.37729/gemari.v1i3.3868

Published

2025-07-30