Penguatan Solidaritas Sosial dan Ekonomi Kerakyatan Melalui Program Gebyar Ramadhan di Desa Karangpatihan Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v4i2.42762Abstract
Program Gebyar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIRM merupakan bentuk pengabdian masyarakat berbasis nilai yang mengintegrasikan aspek spiritual, sosial, budaya, dan edukatif dalam satu kerangka kegiatan praksis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam efektivitas kegiatan tersebut melalui empat dimensi utama: (1) perencanaan dan mobilisasi sumber daya, (2) distribusi bantuan dan dampaknya, (3) penguatan nilai budaya dan modal sosial, serta (4) evaluasi dan tantangan pelaksanaan program. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif berbasis partisipasi aktif dari para pelaku kegiatan dan masyarakat penerima manfaat. Hasil kajian menunjukkan bahwa perencanaan partisipatif yang melibatkan dosen dan mahasiswa tidak hanya menghasilkan strategi operasional yang terukur, tetapi juga memperkuat kesadaran kolektif atas pentingnya amal sosial menjelang Ramadhan. Mobilisasi sumber daya melalui jaringan kepercayaan sosial membuktikan kekuatan modal sosial institusi dalam menggerakkan donasi tanpa kampanye besar. Distribusi bantuan di Desa Karangpatihan memberikan dampak signifikan dalam lima dimensi utama, yakni ekonomi, sosial, spiritual, dukungan kelembagaan lokal, dan pembelajaran mahasiswa. Bantuan sembako tidak hanya berfungsi sebagai subsidi sosial informal, tetapi juga menjadi simbol komunikasi empatik dan wahana pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui pendekatan experiential learning. Dari sisi budaya dan sosial, kegiatan ini merevitalisasi nilai-nilai gotong royong, empati, dan ukhuwah Islamiyah sebagai landasan moral yang menguatkan solidaritas komunitas. Modal sosial dalam bentuk bonding dan bridging capital berhasil difasilitasi melalui kolaborasi lintas aktor, memperluas kapasitas kolektif masyarakat dalam membangun ketahanan sosial. Evaluasi program menunjukkan adanya kekuatan dalam semangat kolektif dan legitimasi moral, namun juga mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan waktu, kurangnya diversifikasi pendanaan, serta lemahnya sistem dokumentasi dan evaluasi berbasis data. Analisis SWOT menegaskan bahwa kegiatan ini memiliki potensi besar untuk direplikasi dan diperluas melalui sinergi digital, kemitraan strategis, dan pendekatan berbasis bukti. Secara keseluruhan, Gebyar Ramadhan UPZ IAIRM bukan hanya sebuah kegiatan distribusi bantuan, tetapi menjadi model pengabdian masyarakat berbasis nilai yang mampu menjawab kebutuhan riil, memperkuat struktur sosial lokal, serta mendidik generasi muda melalui pengalaman sosial yang kontekstual. Temuan ini merekomendasikan penguatan institusional dan inovasi manajerial agar kegiatan serupa dapat terus berkembang dalam kerangka pembangunan sosial yang berkelanjutan dan transformatif.
Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Modal Sosial, Perencanaan Partisipatif, Bantuan Ramadhan, Pembelajaran Kontekstual
References
Ali, M. (2024). Penyuluh Agama Islam Sebagai Penggerak Pendidikan Keagamaan Dan Penguatan Karakter Untuk Meningkatkan Kesadaran Spiritual Masyarakat. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 11(2), 204–217.
Amin, M., & Murdiono, M. (2024). Antisipasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Desa Pandai, Kabupaten Bima, NTB: Peningkatan kesadaran dan pemberdayaan masyarakat. Journal of Entrepreneurship and Community Innovations (JECI), 2(2), 80–90.
Amsari, S., Harahap, I., & Nawawi, Z. M. (2024). Transformasi paradigma pembangunan ekonomi: Membangun masa depan berkelanjutan melalui perspektif ekonomi syariah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 729–738.
Arianto, D. C. E. C., & Fitriyah, Z. (2025). Peran Website Sistem Riset Database Program dan Kerja Sama (SIRIDA) Sebagai Media Diseminasi Data dan Informasi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 7252–7261.
Bashori, B. A., Musthafa, M. S., & Rakib, A. R. (2025). Sinergi Edukasi Fikih Ramadhan dan Aksi Sosial: Pendampingan Keislaman di MWCNU Paiton. Mumtaza: Journal of Community Engagement, 1(2), 13–23.
Bhoki, H., Are, T., & Ola, M. I. D. (2025). Membentuk karakter siswa melalui budaya positif sekolah. CV. Ruang Tentor.
Budianto, A., Estriyanto, Y., & Cahyono, B. T. (2024). Evaluasi pelaksanaan program praktik kerja lapangan di smk tamtama 1 sidareja. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 7–17.
Choirunisa, W., & Nauval, M. M. A. (2025). Peran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam Manajemen Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Research and Community Service, 1(2), 102–108.
Dalle, A., & Tobroni, T. (2025). Dimensi-Dimensi dalam Beragama: Spiritual, Intelektual, Emosi, Etika, dan Sosial. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 151–165.
Didi, E., Ohoiwutun, S. K., & Soselisa, P. S. (2024). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Di Tingkat Desa (Studi Kasus Pada Proses Musyawarah Desa di Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah). Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 287–291.
Elvandari, D. A., Anwar, S., & Kasogi, M. A. (2025). Dinamika Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa.
Falah, S., Waromi, J., & Sulistiawan, S. (2024). Peraturan pemerintah, mekanisme akuntabilitas sosial, dan tata kelola: kajian terhadap pemerintah kampung perbatasan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(4), 220–231.
Famella, S., Bastian, A., Koto, M. J., Wahyudi, E., Lizawati, L., Prayitno, E., Farlina, I., Rafika, R., Marlina, D., & Wahyono, A. (2025). Pengembangan kurikulum terintegrasi kearifan lokal. CV. Gita Lentera.
Ferezagia, D. V., Safitri, K. A., Harinurdin, E., Sos, S., Ak, M. S., Suryanto, D., & Sos, S. (2024). Transformasi dan Inovasi untuk Mengakhiri Kemiskinan dalam Segala Bentuk. Nas Media Pustaka.
Fernanda, A., Yuniamanda, F., Kinanti, I. A., Lestari, R. A. D., & Zuhri, S. (2025). Menggali Dampak Kegiatan Bakti Sosial Melalui Lensa Komunikasi Organisasi dari Kampus ke Komunitas. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 2(2), 16–27.
Firmansyah, F., Ali, M., Rosad, A., & Noviani, D. (2025). Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membangun Pranata Sosial. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 492–501.
Fitriana, N., Putra, A. S., & Rohim, A. (2025). PERAN MAHASISWA DALAM THAILAND NATIONAL CHILDREN’S DAY: PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK-ANAK. JCES (Journal of Character Education Society), 8(2), 199–210.
Hasanah, U. (2024). Praktik Filantropi Islam di Baitul Maal KSPPS NURI Jatim Perspektif Maslahah. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Hidayati, N., Widiawati, R., Al-Madury, Z. Q. A. S., Nabilah, F., Mardikaningsih, R., Issalillah, F., Masnawati, E., Mala, A., & Masfufah, M. (2024). Membangun Kesadaran Sosial Melalui Kegiatan Pengajaran Dasar–Dasar Kehidupan Sosial Pada Mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(6), 30–43.
Hidayati, R. N., Avrilibel, Y. B., Siswandi, A. A., & Fauzia, A. W. (2025). Zakat Fitrah dalam Perspektif Fiqih Islam: Kewajiban, Waktu, dan Mekanisme Penyaluran. TADHKIRAH: Jurnal Terapan Hukum Islam Dan Kajian Filsafat Syariah, 2(2), 243–257.
Jayadih, M., Suhardi, H. E., & Rubini, B. (2024). Strategi & peningkatan kualitas layanan guru: Transformasi melalui kepemimpinan, teknologi, kreativitas dan entrepreneurship. Jakad Media Publishing.
KUSUMAWATI, R. D. (n.d.). Peran guru PAI dalam penguatan moderasi beragama di” sekolah damai” SMA N 13 Semarang.
LT, O. D., Yunus, M., Abdullah, M. T., Ibrahim, M. A., & Pauzi, R. (2025). Asesmen Sumber Daya dalam Kebijakan Pemberdayaan Sosial: Studi Evaluasi Input Program Kesejahteraan di Provinsi Kalimantan Utara. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal, 5(1), 29–44.
Maisarah, A., Zulaiqah, N. A., Qobtiyah, M., Ridho, M., Wahida, N., Anastaya, N., & Sofiani, I. K. (2025). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghazali dan Relevansinya di Era Modern. PEMA, 5(2), 466–475.
MAYLICA, P. R. (2024). KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN JAMAAH LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DI DESA SUMBERDADI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU. UIN Raden Intan Lampung.
Metri, G. G., Erawati, M., Suryani, R. W., Panjaitan, M. M. J., Agustini, L., Dadang, D., Umbarasari, T., Wekke, I. S., & Syamsudin, S. (2025). Pendidikan: Landasan, Teori, dan Praktik. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Mubarak, M. T. (2024). UKHUWAH ISLAMIYAH PERSPEKTIF TAFSÎR AL-AZHAR KARYA HAMKA. FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM.
Mustakim, A., & Hos, J. (2025). KAJIAN LITERATUR STRATEGI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PENGELOLA WISATA DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN DESA WISATA. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 5(1), 53–64.
Natuna, D. A. (2024). PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KAMPUNG TUA SEGERAM. SEGERAM, 4(02).
Nugraha, R. M. (2024). Peran Filantropi Amal Usaha Muhammadiyah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Warga Muhammadiyah. IAIN Ponorogo.
Nur Faliza, S. E., Khan, R. B. F., SE, M. M., & Fauzi, M. N. (2025). The Future of Human Capital: Adaptasi dan Pertumbuhan di Era AI. Takaza Innovatix Labs.
Nur, K., & Muhamad, H. (2024). Islam Rahmatan Lil Alamin. UII Publisher.
Nyu, B., Zaenuddin, Z., & Ahbab, A. N. (2024). Peningkatan nilai-nilai spiritual dalam era Society 5.0 melalui Kitab Nashoihul’Ibad. Social Science Academic, 2(2), 117–128.
Pahrijal, R., Ardhiyansyah, A., Budiman, D., Rahmawati, Y. D., Hermawan, I., Juniarso, A., & Gumelar, T. M. (2024). Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan: Strategi Pemberdayaan UMKM Berbasis Komunitas di Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian West Science, 3(04), 350–360.
Pusvisasari, L., Latipah, E., Irnawati, W., & Maspuroh, M. (2025). Transformasi Ekonomi Lokal dalam Peningkatan Kondisi sosial Masyarakat di Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10–17.
Rahayu, Y. M., & Kurniati, P. (2025). Membangun Budaya Keselamatan Kerja melalui Partisipasi Sosial untuk Memperkuat Kesadaran Kewarganegaraan. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 5(1), 243–249.
Ridhotullah, N. A. (2025). Strategi dan Komponen Esensial dalam Penyusunan Program Tahunan untuk Pembelajaran Berkualitas. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(03), 1418–1426.
Rikardus, E., Pecamuya, R., Tuakra, Y., & Wika, M. (2025). Peningkatan Kapasitas Aparatur Kampung dalam Pengelolaan Dana Desa untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Merauke. Aksi Kita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 340–352.
Sabaggalet, Y. (2024). Harta Tersembunyi: Menggali Potensi Kapital Sosial untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Mengatasi Stunting. CV. Haqi Paradise Mediatama.
Saputra, E. E., & Parisu, C. Z. L. (2025). Perilaku Sosial Dalam Konteks Pendidikan Multikultural. Jurnal Konseling Dan Psikologi Indonesia, 1(1), 21–31.
Sarnoto, A. Z., & PdI, M. (2025). Manajemen Pendidikan Islam: Integrasi Nilai Spiritual dan Inovasi Institusional. Takaza Innovatix Labs.
Sumarta, S., & Budiyanto, T. (2025). Etika Islam sebagai Fondasi dalam Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkeadilan. Tasyri’: Jurnal Muamalah Dan Ekonomi Syariah, 7(1), 77–86.
Sundari, P., & Natoil, N. (2024). Membangun Komitmen untuk Sukses: Studi Kasus pada Koperasi Petani Bunga di Kopeng Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 815–824.
Susanto, A., Eksely, S. P., Bumen, E. J. K. R., Handriani, Y., Munte, A., & Sanasintani, S. (2024). Pemberdayaan Modul Pengajaran Pendidikan Agama Kristen dan Kapasitas Diri melalui Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin, 2(2), 158–172.
Syahroni, M. I., & Rofiq, M. (2025). Aktualisasi Paham Ahlussunnah Wal Jamaah Masyarakat Hollo Maluku Tengah di Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 1621–1643.
Syaukani, A. A., Sudarmanto, E., Fatoni, M., Sistiasih, V. S., Sulaiman, A., & Yulianingsih, I. (2024). Pendampingan Organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Warisan Budaya dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah. Buletin KKN Pendidikan, 6(1), 76–85.
Wahyuningsih, W., Badiana, B., Fajaruddin, F., & Muhsin, M. (2025). Tantangan Dan Strategi Mempertahankan Nilai-Nilai Keberagamaan di kalangan Mahasiswa Universitas Islam Ahmad Dahlan. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 17(1), 410–416.
Wardani, F. K. H. (2025). Pemenuhan Nafkah Pasangan Disabilitas Intelektual dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). IAIN Ponorogo.
Yunita, Y., Nurmalasyari, N., Ulia, A. R., Ardiansyah, M. F., Inayah, A. U., & Salsabila, G. V. (2025). Analisis Peran Modal Sosial dalam Mendorong Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Inklusif Berkelanjutan. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 2(3), 1786–1797.
Yusuf, M., Mutohar, P. M., & Fuadi, I. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Etik dalam Membentuk Efektifitas Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 17–36.
Zahro, S. S., Haq, U., Serli, S., Arif, A. M., & Kusno, M. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Gusjigang Sunan Kudus: Refleksi Dan Implementasi. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 45–62.
Zalukhu, A. (2025). Kalosara dan Pendidikan Kristen sebagai Fondasi Kepemimpinan Transformasional untuk Perdamaian dan Harmoni Sosial di Masyarakat Tolaki. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 1–19.


