Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Bagi Guru SMA

Authors

  • Agus Budiyono Universitas Islam Madura
  • Fathatur Rohmah
  • Arin Wildani
  • El Indahnia Kamariyah
  • Linda Tri Antika

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v4i2.42748

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di MA Miftahul Ulum Bettet, Pamekasan, Jawa Timur, terutama mengandalkan metode ceramah yang didukung oleh bahan cetak seperti buku teks dan lembar kerja siswa sebagai sumber belajar utama. Penggunaan alat peraga, khususnya dalam pembelajaran fisika, masih sangat terbatas. Kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran fisika menyebabkan suasana kelas monoton dan tidak menarik, menyebabkan siswa kehilangan minat terhadap mata pelajaran. Berdasarkan diskusi dengan sekolah mitra, masalah utama yang diidentifikasi adalah tidak adanya alat peraga sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran fisika, yang mengakibatkan ketergantungan yang tinggi pada buku teks bagi siswa dan guru. Menanggapi masalah ini, sekolah mitra memerlukan bantuan dalam mengembangkan alat peraga untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran fisika. Program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan meliputi lokakarya pembuatan alat peraga, serta implementasi dan pendampingannya. Program ini disimpulkan sangat berhasil. Hal ini didukung oleh hasil skor kuesioner dari guru dan siswa, dengan skor respons motivasi sebesar 84,75% (berkategori sangat memotivasi) dan skor kepraktisan dan efektivitas sebesar 91% (berkategori sangat praktis dan efektif).

Kata Kunci: Lokakarya, Implementasi, Pendampingan, Alat Peraga, Fisika

References

Af’idah, N. A., Manasikana, O. A., & Fitriyah, L. A. (2023). Kepraktisan Dan Efektivitas Alat Peraga Tuas Sebagai Media Pembelajaran Ipa Untuk Siswa Smp Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v11i1.7406

Ahmad, L. S., Utami, D., Naryamastri, T. Z., & Anggito, H. (2024). Dampak Pembelajaran Fisika Menggunakan Alat Peraga Venturimeter pada Materi Fluida Dinamis: -. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), Article 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/69230

An’nur, S., Sari, M., Wati, M., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). Developing of simple props using local materials to support natural sciences learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1), 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012011

Faradiba. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Motor Listrik Sederhana Kepada Siswa Di SMA Darussalam Ciputat. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33541/cs.v5i1.4592

Guswantoro, T., Faradiba, F., Daniaty, N., Sianturi, M., Lumbantobing, S. S., Masta, N., Sinaga, J. T., Olla, Y. M., Silaban, Y. F., Naitaunus, P. H., Simbolon, B. R., & Murniarti, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Motor Listrik Dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana Kepada Siswa Di SMA Yadika 9 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v6i1.481

Herlina, K., Suyatna, A., Nyeneng, I. D. P., Maulina, H., & Wicaksono, B. A. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Difraksi Cahaya berbasis Arduino dan Software Tracker untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Guru Fisika dalam Mengembangkan Alat Peraga Pembelajaran. Nuwo Abdimas, 2(1), Article 1.

Irawati, E., Kurniawan, W., & Huda, C. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Perpindahan Kalor Secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi untuk Mendukung Pemahaman Konsep Mahasiswa. Physics Education Research Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3932

Kahar, M. S. (2018). Motivation Analysis Learning in The Implementation of Physics Practicum. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2304

Krimadi, L. N., Abulais, D. M., Himawan, H., & Bokin, J. A. (2022). Penerapan Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bagi Siswa SMA PGRI Jayapura. JURNAL PENGABDIAN PAPUA, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31957/jpp.v6i3.2505

Novitasari, A. T. (2022). Keterlaksanaan Pembelajaran Efektif Melalui Peran Profesionalisme Pendidik Dalam Proses Pembelajaran. Journal on Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.624

Oman, Z. U., Pandey, S., Gaddam, A., Oman, Z. U., Pandey, S., & Gaddam, A. (2022). A study on impact of conceptual and practical based learning on employability. World Journal of Advanced Research and Reviews, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.30574/wjarr.2022.16.2.1204

Priadi, R. (2020). Teacher Communication Effectiveness in the Learning Process. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), Article 4.

Purwaningsih, S., Yusnaidar, Y., Syahri, W., Hsb, M. H. E., Lestari, N., & Yuversa, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Percobaan Tekanan Zat Cair Bagi Guru-Guru IPA SMPN 1 Kabupaten Muaro Jambi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2983–2987. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19922

Rasul, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di SD Cordova Indonesia Mimika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.614

Rosidah, A. S., Alqurni, A., & Prayogo, M. S. (2023). Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Fisika tentang Bunti Di Sekolah Dasar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.82

Sari, D. K., Uspayanti, R., & Dinata, P. A. C. (2021). Provision of Physics Props and Bilingual E-Book for SMA YPK Merauke: Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 67–74. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang332

Sulistiyowati, A., Mahardika, I. K., Subiki, S., Afitah, S. N., Mukarromah, L., & Riskiyanti, T. D. (2022). Student Response To The Effectiveness Of Simple Props As A Physics Learning Media In Charles Law Materials At SMA Unggulan Bppt Darus Sholah Jember. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i2.29239

Suryaningsih, Y., & Lafiah, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi IPA di SMP IT Hafifudin Arrohimah. SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/jsk.v1i2.8773

Unaenah, E., Kusnadi, D., & Pratami, S. V. (2023). Metode Kreatif Dengan Alat Peraga Pada Pengukuran Panjang, Jarak, Waktu Dan Kecepatan. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i3.784

Published

2025-07-30