https://qatestingonlinetraining.com/ https://baseballglory.com/ slot thailand https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/foxv/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/dev/system/web/ https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/pasarbaris/ https://setda.malukuprov.go.id/wp-content/plugins/web/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/sistem/ https://pasarbaris.stpkat.ac.id/ https://greenlifedesigns.org/ https://heylink.me/olx234/ http://setuwetan.desa.cirebonkab.go.id/ https://sip.bundamulia.ac.id/qr/ https://inbistekuis.com/ https://bencana-kesehatan.net/ https://sip.bundamulia.ac.id/e_receipt/
Penguatan Karakter Melalui Kegiatan NGAWARUNG di Desa Mekarmulya Pada Kegiatan KKN Tematik | Anisah | JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Penguatan Karakter Melalui Kegiatan NGAWARUNG di Desa Mekarmulya Pada Kegiatan KKN Tematik

Ani Siti Anisah, Haryadi Mujianto

Sari


Penguatan karakter di kalangan siswa sekolah dasar menjadi salah satu fokus utama dalam pendidikan untuk mempersiapkan generasi yang berintegritas dan siap menghadapi tantangan masa depan. Kegiatan NGAWARUNG (Ngabahas Wawasan Bari Ngariung) merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam program KKN Tematik untuk mencapai tujuan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di Graha Mekarmulya dengan peserta dari siswa kelas 6 SDN 1 Mekarmulya. Melalui pendekatan belajar sambil bermain, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan berbagai aspek karakter siswa, termasuk pemahaman konsep diri, empati, kepedulian sosial, integritas, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kreativitas, inovasi, kepemimpinan, dan kerja sama. Metode yang digunakan mencakup pemaparan materi menggunakan presentasi, disertai dengan sesi berbagi untuk memberikan kesempatan kepada peserta dalam mengungkapkan pandangan mereka. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang lebih kuat, siap menghadapi berbagai tantangan, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung selama kegiatan berlangsung serta diskusi dengan peserta untuk mengidentifikasi dampak yang telah dicapai.


Kata Kunci


Penguatan Karakter, NGAWARUNG, KKN Tematik, Pendidikan Karakter

Teks Lengkap:

PDF (DOWNLOAD)

Referensi


A, Yandri. Pendidikan Karakter : Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas. 13 Oktober 2022. 6 September 2024.

Admin, Pesantren. Pendidikan Karakter: Tantangan, dan Solusinya di Era Digital.

Agustus 2022. 6 September 2024.

Arifin, Nur. "Pemikiran Pendidikan John Dewey." As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga (2020): 204.

Ayu, Siti. Menggali Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. 11 Maret 2022. 6 September 2024.

Dharma, Dwitya Sobat Ady. "Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah." Special and Inclusive Education Journal (2022): 117.

EMILIZA, TIARA. "KONSEP PSIKOSOSIAL MENURUT TEORI ERIK H.ERIKSON TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM." (2019): 27.

Fitria, Nurul. "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT THOMAS

LICKONA DAN YUSUFQARDHAWI (Studi Koperatif tentang Metode, Strategi dan Konten)." Digilib UIN-SUKA (2017): 16.

Guy-Evans, Olivia. Teori Sistem Ekologi Bronfenbrenner. 17 Januari 2024. 6 September 2024.

Hidayat, Otib Satibi. "Hakikat Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini."

Universitas Terbuka (n.d.): 10.

Lesilolo, Herly Janet. "PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH." (2018): 186.

Loloagin, Glorya. "Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona." Journal on Education (2023): 6015.

Novianty, Vicky. "PENGARUH ASPEK RESILIENCE, PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN MENTAL TOUGHNESS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA PROVINSI DIY." Eprints UNY (2024): 13.

P, Gilang. Teori Vygotsky Terkait Perkembangan Kognitif Anak dan Belajar Sosial!

n.d. 6 September 2024.

PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI LANDASAN TERBENTUKNYA GENERASI

MUDA. 9 Juni 2024. 6 September 2024.

Purba, Romirio Torang. "PERKEMBANGAN MORAL MENURUT KOHLBERG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERSPEKTIF KRISTEN TERHADAP PENDIDIKAN MORAL ANAK DI SEKOLAH DASAR."

Aletheia Chriastian Educators Journal (2022): 13.

Wahyuni, Nurul and Wahidah Fitriani. "Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam." Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (2022): 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v3i3.41641

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dwonload Template

VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.