Kegiatan Program Kampus Mengajar Camp Literasi sebagai Wadah Menampilkan Nembang Pupuh
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v3i2.41420Kata Kunci:
Kata kunci, Metode Pelaksanaan Studi Kasus, Camp Literasi, Nembang PupuhAbstrak
Jurnal pengabdian masyarakat ini memiliki tema penampilan
kemampuan nembang pupuh siswa SDN 2 Dangiang melalui kegiatan program
kampus mengajar. Jurnal ini menggunakan metode pelaksanaan Studi Kasus
dengan Kerjasama Antara Siswa, Mahasiswa Program Kampus Mengajar, Guru,
Kepala Sekolah, Dosen Pembimbing Lapangan,serta pihak-pihak terkait dalampelaksanaan kkegiatan Camp Literasi. Kegiatan Camp Literasi dilaksanakan selama
dua hari satu malam, yaitu hari pertama digunakan untuk kegiatan permainan yang
berkaitan dengan literasi dan numerasi, malam harinya digunakan untuk pelaksanaan
upacara api unggun dan menampilkan bakat siswa yaitu “Nembang Pupuh”, di hari kedua
digunakan untuk kegiatan gelar karya serta pembagian hadiah. Kegiatan Camp Literasi
berjalan dengan antusias siswa yang sangat tinggi sehingga kegiatan Camp Literasi menjadi
kegiatan yang sangat bermakna bagi warga SDN 2 Dangiang.
Referensi
*Heri Dwi Santoso, 2Diana Puspita Sari, 3Apriliana Dian Fadilla, & 4Faidah Fitri
Utami, 5Fitria Pangesti Rahayu, 6Della Chamelia Sari, 7Niken Putri Sya’bani.
(2022). ASISTENSI MENGAJAR, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN
ADMINISTRASI DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 1*Heri. 4(2), 1–
Astuti, M., Suryana, I., Rizki, M., Maharani, A. S., Susanti, F., Saputri, L. Della, &
Malik, A. R. (2024). Microteaching Sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of
Law, Administration, and Social Science, 4(5), 710–718.
https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.875
Hutasoit, S. L., Hutauruk, B. S., Sinaga, S. J., Simarmata, R. O., & Hulu, A. (2022).
Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Serta Membantu
Kegiatan Administrasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 3 di SD
Negeri 071169 Ombolata Alasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Bangka Belitung, 9(1), 56–62.
https://doi.org/10.33019/jpu.v9i1.3493
Kula, A. (2017). 17 Pupuh Sunda ( Sekar Ageung,Sekar Alit). In Jurnal Sains dan
Seni ITS (Vol. 6, Issue 1).
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding
Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1),
–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Mukromin Malik Abdul, Kusumaningsih Widya, & Suherni Suherni. (2024).
Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Kolaboratif
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1485–1499.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7430
Nuraeni, E., Wakih, A. A., & Chandra, D. (2023). Penggunaan Metode Demonstrasi
Dalam Meningkatan Kemampuan Bernyanyi Pupuh Maskumambang Pada
Pembelajaran Guguritan Kelas V Sdn Ciparay. Khazanah Pendidikan, 17(2),
https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18432
Oktapiani, C. S., Rudiyanto, R., & Kurniawati, L. (2019). Kecepatan Menambah
Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda.
Edukid, 15(1), 58–73. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20153
Pengelolaan, P., Daerah, K., Dalam, D. K., Provinsi, L., Barat, J., Negara, T. L.,
Lembaran, T., Republik, N., Lembaran, T., & Republik, N. (2018). Bupati
garut provinsi jawa barat. 1, 4–6.
Ramdani, A. G. (2020). Strategi Pembelajaran Keaksaraan Dasar Di Kampung
Cireundeu Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Adat Dan Pelestarian
Aksara Lokal. Jurnal AKRAB, 11(1), 2–11.
https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i1.319
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di
Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter
dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.
Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sd N
Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary, 6(1), 35.
https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12579
Rolan Manurung1, J. M. B. N. (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar
Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD 173408 Dolok
Sanggul. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 11438–11444.
Salsabilla, D. P., Kirana, R. N., Irmawati, I., Ningsih, W., Arum, N. A. D., Rahayu,
P., Kosidah, K., & Kartika, D. (2024). Strategi Inovatif Meningkatkan Literasi
Numerasi : Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan
di UPT SD Negeri Menilo. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(6), 423–428.
Sepriano, & Efitra. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran.
Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru
dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di
Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244.
https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455
Tahun, N. S. 60. (2004). Sang Komponis (H. Setiawan (ed.)). PT. Dunia Pustaka
Jaya.
Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah melalui Pembelajaran dan
Kegiatan di Sekolah. Jurnal Kredo, (1) 2, 1–13.