Kegiatan Program Kampus Mengajar Camp Literasi sebagai Wadah Menampilkan Nembang Pupuh

Penulis

  • Irna Cahyanti
  • Siti Ainun
  • Rudi Akmal

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v3i2.41420

Kata Kunci:

Kata kunci, Metode Pelaksanaan Studi Kasus, Camp Literasi, Nembang Pupuh

Abstrak

Jurnal pengabdian masyarakat ini memiliki tema penampilan
kemampuan nembang pupuh siswa SDN 2 Dangiang melalui kegiatan program
kampus mengajar. Jurnal ini menggunakan metode pelaksanaan Studi Kasus
dengan Kerjasama Antara Siswa, Mahasiswa Program Kampus Mengajar, Guru,
Kepala Sekolah, Dosen Pembimbing Lapangan,serta pihak-pihak terkait dalampelaksanaan kkegiatan Camp Literasi. Kegiatan Camp Literasi dilaksanakan selama
dua hari satu malam, yaitu hari pertama digunakan untuk kegiatan permainan yang
berkaitan dengan literasi dan numerasi, malam harinya digunakan untuk pelaksanaan
upacara api unggun dan menampilkan bakat siswa yaitu “Nembang Pupuh”, di hari kedua
digunakan untuk kegiatan gelar karya serta pembagian hadiah. Kegiatan Camp Literasi
berjalan dengan antusias siswa yang sangat tinggi sehingga kegiatan Camp Literasi menjadi
kegiatan yang sangat bermakna bagi warga SDN 2 Dangiang.

Biografi Penulis

Irna Cahyanti

I'm a 42 years old, married and work at the university (Biochemistry). In my spare time I try to teach myself Chinese. I've been twicethere and look forward to returning anytime soon. I like to read, preferably on my ipad. I like to watch Grey's Anatomy and The Simpsons as well as docus about nature. I enjoy Audiophilia. my blog: online dating

Referensi

*Heri Dwi Santoso, 2Diana Puspita Sari, 3Apriliana Dian Fadilla, & 4Faidah Fitri

Utami, 5Fitria Pangesti Rahayu, 6Della Chamelia Sari, 7Niken Putri Sya’bani.

(2022). ASISTENSI MENGAJAR, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN

ADMINISTRASI DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 1*Heri. 4(2), 1–

Astuti, M., Suryana, I., Rizki, M., Maharani, A. S., Susanti, F., Saputri, L. Della, &

Malik, A. R. (2024). Microteaching Sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of

Law, Administration, and Social Science, 4(5), 710–718.

https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.875

Hutasoit, S. L., Hutauruk, B. S., Sinaga, S. J., Simarmata, R. O., & Hulu, A. (2022).

Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Serta Membantu

Kegiatan Administrasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 3 di SD

Negeri 071169 Ombolata Alasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Bangka Belitung, 9(1), 56–62.

https://doi.org/10.33019/jpu.v9i1.3493

Kula, A. (2017). 17 Pupuh Sunda ( Sekar Ageung,Sekar Alit). In Jurnal Sains dan

Seni ITS (Vol. 6, Issue 1).

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi

Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding

Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1),

–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Mukromin Malik Abdul, Kusumaningsih Widya, & Suherni Suherni. (2024).

Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Kolaboratif

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1485–1499.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7430

Nuraeni, E., Wakih, A. A., & Chandra, D. (2023). Penggunaan Metode Demonstrasi

Dalam Meningkatan Kemampuan Bernyanyi Pupuh Maskumambang Pada

Pembelajaran Guguritan Kelas V Sdn Ciparay. Khazanah Pendidikan, 17(2),

https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18432

Oktapiani, C. S., Rudiyanto, R., & Kurniawati, L. (2019). Kecepatan Menambah

Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda.

Edukid, 15(1), 58–73. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20153

Pengelolaan, P., Daerah, K., Dalam, D. K., Provinsi, L., Barat, J., Negara, T. L.,

Lembaran, T., Republik, N., Lembaran, T., & Republik, N. (2018). Bupati

garut provinsi jawa barat. 1, 4–6.

Ramdani, A. G. (2020). Strategi Pembelajaran Keaksaraan Dasar Di Kampung

Cireundeu Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Adat Dan Pelestarian

Aksara Lokal. Jurnal AKRAB, 11(1), 2–11.

https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i1.319

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di

Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter

dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.

Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sd N

Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary, 6(1), 35.

https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12579

Rolan Manurung1, J. M. B. N. (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar

Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD 173408 Dolok

Sanggul. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 11438–11444.

Salsabilla, D. P., Kirana, R. N., Irmawati, I., Ningsih, W., Arum, N. A. D., Rahayu,

P., Kosidah, K., & Kartika, D. (2024). Strategi Inovatif Meningkatkan Literasi

Numerasi : Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan

di UPT SD Negeri Menilo. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(6), 423–428.

Sepriano, & Efitra. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran.

Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru

dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di

Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244.

https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455

Tahun, N. S. 60. (2004). Sang Komponis (H. Setiawan (ed.)). PT. Dunia Pustaka

Jaya.

Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah melalui Pembelajaran dan

Kegiatan di Sekolah. Jurnal Kredo, (1) 2, 1–13.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-07-31