In House Training: Pengembangan Profesionalisme Guru SMA Edu Global Bandung Melalui Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v3i1.3564Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode In House Training (IHT) dengan tema utama pengembangan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas. Kegiatan ini terselenggara melalui kerja sama produktif antara program studi pendidikan IPA FPIK UNIGA dan SMA Edu Global Bandung dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran di Sekolah. Pelaksanaan IHT ini terdiri atas tiga kegiatan utama, yaitu paparan materi PTK, diskusi materi dan rencana PTK, dan rencana tindak lanjut IHT. Pada setiap kegiatan IHT terjalin diskusi interaktif antara guru dan guru, guru dan pemateri, sehingga materi tentang PTK dalam dipahami dengan baik dan menghasilkan produk berupa rencana PTK yang akan dilaksanakan oleh para guru pada semester genap 2023/2024.Referensi
Astuti, S., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui in House Training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47
Hafidah, R., Dewi, N. K., Syamsudin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Paud Melalui Pelatihan Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 19–34. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.19-34
Kedoh, A. B. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Perangkat Penilaian Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Di SMK Negeri 3 Maumere Tahun Pelajaran 2018/2019. Intelektiva, 1, 23–28.
Listiaji, P., Dewi, N. R., Savitri, E. N., Amelia, R. N., Hidayat, L., Putri, L. H., Rohman, A., & Semarang, U. N. (2023). Upaya Meningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya di SMP Negeri 2 Tengaran , Semarang. Jurnal Dharma Indonesia, 1(2), 61–69.
Ningsih, S. C., Sunanti, T., Jana, P., Gunawan, Nuryani, C. E., & Saefudin, A. A. (2020). Professionalism Development of SD N Tamansari I Yogyakarta ’ S Teachers Through Class Action. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(1), 215–224.
Nuraedah, N., Charles Kapile, Mutawakkil, M., & Fajar Nugroho. (2023). Penanaman Konsep Dan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Bagi Guru Sejarah Di Sma Negeri 7 Palu. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6273–6278. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i9.4848
Putriani, M. R., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2016). Analisis Kesulitan-Kesulitan yang dialami Guru Ekonomi untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–17. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8781/6418
Wardani, W., Karsiwan, K., Purwasih, A., Lisdiana, A., & Hammer, W. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 323. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1762