Membangun Pengetahuan Sejak Dini Dalam Menjaga Keseimbangan Alam Melalui Pembelajaran Matematika Siswa TK-SD di Desa Kunci
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v2i3.3077Abstrak
Permasalahan terkini di seluruh dunia termasuk di Indonesia sejak bulan Juni tahun 2023 adanya El Nino bahwa suhu rata-rata global mencapai level tertinggi sebesar 1,5 derajat celsius lebih panas dibandingkan suhu pra-industri. Oleh karena itu tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dasar melalui pembelajaran matematika di Sekolah Dasar tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam. Metode yang digunakan yaitu melakukan pembelajaran matematika di dalam dan luar kelas melalui menggambar, berhitung, menanam, membuat tempat sampah dari barang bekas, memilah sampah organik dan organik. Menggambar jenis-jenis tanaman yang mudah tumbuh dan tahan panas. Berhitung tentang berapa jumlah tanaman dan berapa waktu tumbuhnya, Hasil kegiatan menunjukkan penelitian siswa antusias menggambar jenis-jenis pohon yang murah, siswa melakukan penanaman pohon yang mudah ditanam dan mudah dirawat antara lain pohon ketapang, bunga bougenvil, bunga jam sembilan, dan bunga kenikir). Hasil lainnya siswa antusias untuk berhitung pada operasi dasar: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa dapat membuat tempat sampah dari bahan kardus, dapat memilah sampah organik dan non-organik serta cara pengolahan sampah secara sederhanaReferensi
Abidah, A., Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 141-150
Arif, A. (2023). Suhu Global Awal Juni 2023 Lewati Ambang Batas 1,5 Derajat Celsius. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/06/16/suhu-global-awal-juni-2023-lewati-ambang-batas-15-derajat-celcius. Diakses tanggal 31 Agustus 2023.
Ernyasih, 2023. Tree Contribution To Human Survival. https://umj.ac.id/opini-1/kontribusi-pohon-untuk-kelangsungan-hidup-manusia/. Di akses tanggal 31 Agustus 2023.
Gunawijaya, R. 2017. Kebutuhan Manusia Dalam Pandangan Ekonomi Kapitalis Dan Ekonomi Islam. Al-Maslahah : Jurnal Ilmu Syariah. 13(1), 131-150. https://doi.org/10.24260/almaslahah.v13i1.921
Harryanto, R., Sudirja, R., Saribun, D.S., Herdiansyah, G. 2017. Gerakan Penghijauan Das Citarum Hulu Di Desa Cikoneng Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat. 6(2):78-82. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v6i2.14858
Hidayati, N., Putra, A., Dewita, M., Framujiastri, N.E. 2020. Dampak Dinamika Kependudukan Terhadap Lingkungan. Jurnal Kependudukan dan Pembangunan Lingkungan (JKPL). 1(2), 33-42
Junarti, Zainudin, M. , Novianti, D.E., Indriani, A., Mayasari, N., Noeruddin, A. (2022). Model–Model Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat 05(04), 431-437
Masithoh, D., Anintyawati, R. 2022. Penyuluhan Program Penghijauan untuk Menanamkan Pendidikan Karakter "Cinta Lingkungan" di Sekolah Dasar. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi. 1(2), 47-51. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15529
Oktarina, A., & Maemonah. (2019). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Pendidikan AUD. Jurnal UIN Jogyakarta, VI(2), 64–88.
Oktavia, N.A., Karuniadi, A.R., Pratiwi, S., Santoso, A.I. (2022). Kegiatan Penanaman Pohon di Lingkungan Kampus II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dalam Rangka Mengurangi Resiko Banjir. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(5), 672–678. DOI: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3244
Ratag, S.P. (2017). Peran Pohon Dalam Upaya Mitigasi Perubahan Iklim. Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Menado
Rosianty, Y., Lensari, D., Syachroni, S.H. (2020). Memotivasi Masyarakat Untuk Menanam Pohon Dalam Mendukung Terbentuknya Kota Hijaudi Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Kota Palembang. International Journal of Community Engagement, pp. 40-45. E-ISSN: 27746607
Safrilsyah, Fitriani. 2014. Agama dan Kesadaran Menjaga Lingkungan Hidup. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin. 16(1), 61-78. http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v16i1.4918
Syahdela, A.A, Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 205-214
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6(2): tidak ada halaman. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/9352/4127