Pembukuan Akuntansi Sederhana Pada UMKM

Siti sopiah, Amelia Nurhasanah, Linda Purnamasari, Reynaldi Octora, Fauzi Fitrah Ramdan, Rohimat Nurahasan

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan penyuluhan secara langsung mengenai pentingnya pembukuan yang baik dan benar dalam mencatat keuangan usaha selama satu tahun akuntansi pada UMKM yang ada di Desa Mangkurakyat. Metode yang digunakan adalah observasi dan praktik langsung ke lapangan. Hasil dari penelitian tersebut adalah pelaku UMKM dapat mengetahui bagaimana melakukan pembukuan yang baik dan benar dengan akuntansi sederhana, setelah melakukan penyuluhan dengan praktek secara langsung kini pelaku UMKM dapat mengerti dan paham bagaimana mencatat transaksi keuangan ke dalam pembukuan akuntansi sederhana, apalagi di masa transisi menuju kondisi normal kembali setelah dilanda covid 19.


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


A. Setiawan, “Peningkatan Kemampuan Pembukuan Dan Pemasaran Produk Bagi UMKM Di Pontianak,” E-Jurnal Equilib. Manaj., vol. 1, pp. 24–33, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/57.

S. Ernawati, J. Asyikin, and O. Sari, “Penerapan Sistem Akuntansi Dasar pada Usaha Kecil Menengah di Kota Banjarmasin,” J. Penelit. Ilmu Ekon. WIGA, vol. 6, no. 2, pp. 81–91, 2016.

A. Hakiki, M. Rahmawati, and A. Novriansa, “Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 55–62, 2020, doi: 10.29259/jscs.v1i1.12.

J. G. A, H. Nastiti, and S. Y. W, “Ukm Pembukuan Akuntansi Sederhana,” Pros. Semin. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 9, 2018, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/57/58.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2897

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.