Meningkatkan Pemahaman Bahaya Cyber bullying untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama pada SMP Insan Utama 2 Pekanbaru

nazhifah nazhifah

Abstrak


Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang bahaya cyberbuliying. Semakin maju zaman dan era digital saat ini yang memberikan dampak perubahan perilaku pada masyarakat yang harus siap dalam menghadapi perubahan zaman tersebut. Pengabdian ini ditujukan kepada siswa SMP Insan Utama 2 Pekanbaru yang berjumlah 50 orang dengan rentang usia remaja, dimana usia tersebut masih terbilang usia yang labil dalam pergaulan. Sehingga sosialisasi bahaya cyberbullying sangat penting dilakukan dan pemberian materi sosialisasi ini akan bermanfaat bagi siswa-siswi SMP Insan Utama 2 Pekanbaru sebagai bahan nasehat mereka dalam menegak nilai-nilai Islam dengan berperilaku dan berkata tidak pada cyberbullying. Pengabdian ini dilakukan dengan sosialisai dn pemaparan materi langsung tentang bahaya cyberbuliying. Dari hasil refleksi yang dilakukan menunjukkan bahwa banyak siswa atau siswi menjadi korban cyberbullying, meskipun begitu sebagian lainnya masih belum memahami dampak cyberbullying sehingga menormalisasi tindakan tersebut. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMP Insan Utama dan sosialisasi dampak cyberbullying, para siswa menjadi paham dampak dan bahaya cyberbullying. Para siswa pun berkomitmen untuk lebih berhati-hati, menjaga ketikan & tulisan dan lebih bijak dalam bersosial media

kata kunci: cyberbullying, bahaya, sekolah menengah pertama

 


Kata Kunci


cyberbullying, bahaya, sekolah menengah pertama

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 137-149.

Arif, N. S., & Rifani, A. R. (2020). Dampak Cyberbullying terhadap Kesehatan Mental Korban. Research Gate, -.

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi . Journal of Information Sysms, 24-31.

Susanti, A., & Sudahri. (2020). Sosialisasi Bahaya Cyberbullying Pada Remaja (Perspektif Islam Dan Patologi Sosial). Journal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 21-27.

Welly, & Rahma, G. (2022). Cyberbullying Selama Pembelajaran Daring pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Kesehatan, 380-386.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v2i2.2872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.