Pelatihan PhET Simulations Bagi Guru Guna Mendukung Kegiatan Belajar dan Laboratorium Virtual
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v2i2.2850Kata Kunci:
PhET Simulations, laboratorium virtual, guruAbstrak
Kegiatan praktikum IPA perlu dilakukan untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan oleh guru saat proses pembelajaran di kelas. Akan tetapi, jika alat-alat praktikum di sekolah masih terbatas, maka kegiatan praktikum tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal. Pelatihan ini membantu guru dalam menggunakan PhET Simulations, agar guru dapat membantu siswa melakukan eksperimen virtual dan digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di kelas. Metode pengabdian yang digunakan adalah survei, sosialisasi, dan pelaksanaan. Pelatihan ini dilaksanakan di SMP Ibnu Sina Merauke, melibatkan guru IPA, matematika, sosial, dan bahasa. Para guru mengikuti pelatihan menggunakan simulasi online dan offline. Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru dapat menggunakan PhET Simulations dalam kegiatan belajarnya bersama siswa.Referensi
Daftar Pustaka
Aldila, W. Y., Setyarsih, W., & Kholiq, A. (2016). Penggunaan PhET Simulation dalam ECIRR untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 05(03), 161-164.
Arifin, M. M., P, S. H., & Harijanto, A. (2022, Maret). Efektivitas Penggunaan Simulasi PhET dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16-27.
Azzubairiyah, N., Erman, & Susiyawati, E. (2022). Examining Student Responses of PhET Simulations After Virtual Laboratory Practies. Pijar MIPA, 17(4), 515-519.
Banda, H. J., & Nzabahimana, J. (2021, December). Effect of integrating physics education technology simulations on students’ conceptual understanding in physics: A review of literature. Phyical Review Physics Education Research, 17(02), 1-18.
Muzana, S. R., Lubis, S. P., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET Terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020, Mei). PhET Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.
Saputra, R., Susilawati, & Verawati, N. S. (2020, Maret). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET (Phisycs Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. J. Pijar MIPA, Vol. 15 No.2, 110-115.
Tibrani, M., Anggraini, N., Riyanto, & Nazip, K. (2022, Juni). Pendampingan Simulasi Pemodelan Sains Menggunakan Software PhET Simulations Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Virtual Laboratory Bagi Guru IPA Palembang. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 20(01), 169-178.