Pelatihan Perancangan Eksperimen Fisika berbasis Sensor Smartphone bagi Guru Fisika dan IPA di Kabupaten Garut

Penulis

  • Asep Irvan Irvani Universitas Garut http://orcid.org/0000-0002-7421-3741
  • Siti Nurdianti Muhajir Universitas Garut
  • Reza Ruhbani Amarulloh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Resti Warliani Universitas Garut
  • Isti Fuji Lestari Universitas Garut
  • Rahmadhani Mulvia Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v2i3.2830

Kata Kunci:

eksperimen fisika, liveworksheet, pelatihan guru, sensor smartphone

Abstrak

Guru yang adaptif dengan perkembangan teknologi merupakan tuntutan kompetensi di abad 21 ini. Pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Garut. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan bagi Guru Fisika dan IPA di Kabupaten Garut dalam membuat perencanaan eksperimen fisika berbasis sensor smartphone. Pelatihan ini dilakukan selama 32 jam pelajaran meliputi pemaparan materi, praktik penggunaan sensor smartphone, dan workshop perancangan eksperimen. Peserta pelatihan sebanyak 24 guru yang berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten Garut. Sensor smartphone yang diterapkan dalam pelatihan ini menggunakan aplikasi Phyphox. Sebagai penunjang rancangan eksperimen, dibuat lembar kerja peserta didik dengan liveworksheet.  Tahapan pelatihan meliputi: (1) pemaparan materi, (2) demonstrasi penggunaan sensor smartphone dan liveworksheet, (3) eksplorasi alat oleh peserta, dan (4) perancangan eksperimen. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa penggunaan sensor smartphone sebagai alat eksperimen diterima dengan baik oleh peserta. Materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan relevansi profesi peserta pelatihan. Interaksi dengan instruktur dinilai positif, dengan instruktur yang membantu dan memotivasi peserta.

Biografi Penulis

Asep Irvan Irvani, Universitas Garut

Dosen di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, UNIVERSITAS GARUT.

Referensi

Bahtiar, B., & Azmar, A. (2022). The Effect of Using a Virtual Laboratory on Students' Motivation and Learning Outcomes in Physics Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 13-21.

Bozkurt, A., Karakaya, K., Turk, M., Karakaya, Ö., & Castellanos-Reyes, D. (2022). The Impact of COVID-19 on Education: A Meta-Narrative Review. TechTrends, 66(5), 883-896.

bin Nordin, M. N., Maidin, S. S., Rajoo, M., Mahmod, M., Jani, W. N. F. A., Yusoh, M. P., ... & Mosbiran, N. F. (2022). International Frameworks For 21st Century Competences: Comparative Education. resmilitaris, 12(2), 7332-7344.

Carroll, R., & Lincoln, J. (2020). Phyphox app in the physics classroom. The Physics Teacher, 58(8), 606-607.

de los Reyes, E. J., Blannin, J., Cohrssen, C., & Mahat, M. (2022). Resilience of higher education academics in the time of 21st century pandemics: a narrative review. Journal of Higher Education Policy and Management, 44(1), 39-56.

Dewi, Y. C., & Rasagama, I. G. (2022). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Praktikum Keseimbangan Menggunakan Aplikasi Phet Simulation. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), 94-100.

González-Pérez, L. I., & Ramírez-Montoya, M. S. (2022). Components of Education 4.0 in 21st century skills frameworks: systematic review. Sustainability, 14(3), 1493.

Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 5(1), 1-9.

Irvani, A. I., & Warliani, R. (2022). Development of Physics Demonstration Videos on Youtube (PDVY) as Physics Learning Media. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), 1-12.

Nicolete, P. C., Herpich, F., de Oliveira Júnior, E. T., Tarouco, L. M. R., & da Silva, J. B. (2021, April). Analysis of student motivation in the use of a Physics Augmented Remote Lab during the Covid-19 pandemic. In 2021 IEEE global engineering education conference (EDUCON) (pp. 1040-1047). IEEE.

Oral, I., & Erkilic, M. (2022). Investigating the 21st-Century Skills of Undergraduate Students: Physics Success, Attitude, and Perception. Journal of Turkish Science Education, 19(1), 284-301.

Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203-206.

Marzoli, I., Colantonio, A., Fazio, C., Giliberti, M., di Uccio, U. S., & Testa, I. (2021). Effects of emergency remote instruction during the COVID-19 pandemic on university physics students in Italy. Physical Review Physics Education Research, 17(2), 020130.

Matsun, M., & Alsegaf, S. L. H. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Ipa-Fisika Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran dan Gelombang Di Kelas Viii Mts Al-Jihad Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 5(1), 7-14.

MSi, H. (2021). Pemanfatan Sensor Android Sebagai Media Eksperimen Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Jurnal Teknodik, 131-142.

Muttaqin, R., Setyaningsih, N. E., & Nurbaiti, U. (2023). Pengembangan Modul Praktikum Fisika Dasar Digital pada Materi Listrik Magnet sebagai Upaya Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1(1), 20-29.

Diterbitkan

2023-11-16