Memotivasi Belajar Peserta Didik Melalui Joyfull Learning di SDN I Sukalaksana Pada Kegiatan KKN Tematik Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2248Abstrak
Pandemi Covid-19 membawa perubaan yang sangat kompleks baik di bidang sosial, ekonomi maupun pendidikan. Dalam bidang pendidikan, pembelajaran di berbagai sekolah dilaksanakan secara daring yang menyebabkan peserta didik mengeluh dan kurang bersemangat dalam pelaksanaan proses belaja mengajar. berkurangnya semangat dan hilangnya motivasi belajar sangat dirasakan oleh peserta didik di SDN I Sukalaksana sehingga ketika pembelajaran tatap muka yang telah berlangsung 50% pun masih membuat peserta didi mengeluh akibat kurangnya sarana prasarana dan sulitnya mmateri yang diterima peserta didik. Permasalahan tersebut ditemui oleh mahapeserta didik New Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada tahun 2021. Sehingga dilakukan penelitian untuk mencari solusi sebagai upaya menyeleasaikan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan beberapa program kegiatan yang dilakukan selama pengabdian. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui upaya memotivasi belajar peserta didik melalui kegiatan Joyfull Learning. Hasil penelitian dalam pengabdian ini diperoleh data bahwa stelah dilakukan observasi dan treatment terhadap peserta didik di SDN I Sukalaksana telihat antusias, menyenangkan dan memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan guru dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan memilih model pembelajaran yang tepat dan menarik sehingga peserta didik termotivasi untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
Kata kunci: Motivasi Belajar, Peserta Didik Sekolah Dasar, Joyfull Learning, KKN Tematik
Referensi
Amirudin, A., Karochman, M. A., & Aliyah, A. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 37. https://doi.org/10.47453/etos.v3i1.347
Anggoro, S. (2014). Pendekatan joyful learning pada proses pembelajaran di sekolah dasar (kajian teoritis dan neurosains). 0–9. https://www.researchgate.net/publication/318471313
Aprilia Heydemans, N., Lombogia, R., Siwu, I. C., & P Kenang, R. C. (2021). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Masa Pandemi Covid-19. DEDICATIO Jurnal Pengabdian Masyaraka, 2(1), 31–40.
Ciotti, M., Ciccozzi, M., Terrinoni, A., Jiang, W. C., Wang, C. Bin, & Bernardini, S. (2020). The COVID-19 pandemic. Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences, 57(6), 365–388. https://doi.org/10.1080/10408363.2020.1783198
Jati, L. T. S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 777–783. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/667/585
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133–141. https://doi.org/10.1177/2347631120983481
Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728
Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.864
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saputra, N., Yustitia, V., Tobing, M. T., & Ili, L. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Aktivitas Belajar Siswa SD Di Masa Covid- 19. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 911–920. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1221
Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Wicaksono, S. R. (2020). Joyful Learning in Elementary School. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v2i2.232
Widyawulandari, R., -, S., & Indriayu, M. (2019). Implementation of Joyful Learning Approach in Providing Learning Motivation for Elementary School Student. 277(Steach 2018), 54–58. https://doi.org/10.2991/steach-18.2019.12