Literasi Digital : Sebuah Kajian Pengabdian kepada Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2247Abstrak
Literasi Digital adalah kemampuan yang perlu dimiliki oleh masyarakat di era ini. Akan tetapi tidak semua laposan masyarakat memiliki kemampuan literasi digital ini, terutama para siswa yang umumnya terbiasa dengan menggunakan sosial media. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada peserta didik supaya lebih bijak dalam menggunakan media sosial, memberikan kontribusi dalam menekan angka kesenjangan kecakapan digital dipedesaan, khususnya yaitu di Desa Cimareme Kabupaten Garut serta membangun karakter pada peserta didik. Metode yang digunakan melalui seminar literasi yang sebelumnya dilakukan observasi terlebih dahulu terhaddap sekolah sekaligus bekerja sama dengan smarfren community. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah literasi digital bukan hanya tentang teknologi itu sendiri, tetapi juga tentang bagaimana membaca dan menulis dengan cerdas dan benar. Untuk itu, diperlukan edukasi tentang bagaimana mengembangkan literasi digital yang baik agar penggunaanya tidak berdampak buruk pada karakter yang dimiliki. Selain itu fungsi pengawasan dari orang tua di rumah dan guru memegang peranan tidak kalah penting.
Â
Kata kunci: Literasi Digital; Karakter ; Peserta DidikÂ
Referensi
Ahlah, S., & Melianah, M. (2020, May). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 805-814).
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Dashtestani, R., & Hojatpanah, S. (2022). Digital literacy of EFL students in a junior high school in Iran: voices of teachers, students and Ministry Directors. Computer Assisted Language Learning, 35(4), 635-665.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249-5257.
Diana, S., Sianipar, S., & Harianja, R. (2022). Gerakan literasi digital nasional sebagai salah satu media pembelajaran di kota medan. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(2), 67-73.
Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307-314.
Hidayanti, P. N. (2020) Literasi Digital: Urgensi Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 31-40.
Kintoko, K., & Mulianingsih, F. (2022). Membangun Karakter Peserta Didik Smp Bangka Barat Melalui Literasi Digital Di Tengah Pendidikan Abad 21. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 106-113.
Muhajir, S. N., Lestari, P. R., & Rahayu, N. S. (2021). Tingkatan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 378-384.
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2021, May). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 67-78).
Rizal, Chaerul (2022). PENGERTIAN LITERASI DIGITAL. Literasi Digital, Get Press.
Trisnawati, T., Manalu, M., & Amini, M. (2022). Hubungan Kinerja dan Keterampilan TIK Guru terhadap Hasil Belajar dan Literasi Digital Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9440-9449.
Tulungen, E. E., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital: Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).
Yohana, R. (2020) Upaya Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Literasi Digital Dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1005-1010).]