Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VI Di SD IT Bhaskara Garut Tahun 2022

Ani Kurniawati, Mochamad Rizky Baresi, Muhamad Awaludin

Abstrak


Kebugaran jasmani adalah salah satu unsur yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, dengan adanya kesegaran jasmani yang baik, maka baik pula dalam menjalankan aktifitasnya sebagai manusia, baik itu berhubungan dengan masalah jasmaninya maupun yang berhubungan dengan masalah rohaninya. Pendidikan sekolah dasar merupakan pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan sosial budaya. Sekolah dasar merupakan salah satu jenjang pendidikan yang harus menerapkan nilai - nilai Pancasila dalam proses pembelajaran dan semua aspek lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI di SDIT Bhaskara Garut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Evaluasi. Penelitian evaluasi menuntut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peneliti, yaitu adanya kriteria, tolak ukur, atau standar yang digunakan sebagai membandingkan bagi data yang diperoleh, setelah data tersebut diolah dan merupakan kondisi nyata dari objek yang diteliti. Hasil dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani Siswa Kelas VI di SDIT Bhaskara Garut termasuk dalam kategori rendah. Hasil ini merupakan hasil yang kurang memuaskan maka dari itu diperlukannya aktivitas yang sesuai dengan karakteristik siswa agar mampu meningkatkan kebugaran jasmani siswa.

 

Kata kunci: Pendidikan Sekolah Dasar, Kebugaran Jasmani


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Arikunto, S. 2010. Prosrdue Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astawa, I. N. T. T., & Sukerti, N. W. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Membangun Mentalitas Disiplin Anak Didik. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 1(2), 160-168.

Dermiansyah, D., Razali, R., & Ifwandi, I. (2018). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri Lambaro Angan Aceh Besar. Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 4(2).

Djoko Pekik Irianto. (2004). Pedoman Praktis Berolahraga Untuk Kebugarandan Kesehatan. Jakarta: AdiOffest.

Lutan, Rusli. (2002). Menuju Sehat dan Bugar. Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.