Upaya Dalam Mengatasi Problematika Penggunaan Gadget Pada Anak Tingkat Sekolah Dasar di Era New Normal
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kembali apakah penggunaan gadget oleh anak tingkat sekolah dasar di era new normal di gunakan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data diperoleh dari observasi, wanwancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, problematika pada anak tingkat sekolah dasar yang diakibatkan penggunan gadget selama pembelajaran jarak jauh atau daring ini berupa: anak kecanduan main game, penggunaan aplikasi sosial media yang tidak digunakan secara bijak seperti tiktok, facebook, dan instagram, serta menonton video atau membuka situs yang tidak seharusnya mereka akses. Upaya dalam mengatasi problematika tersebut secara sederhana. Namun dilakukan secara terus-menerus, seperti mengalihkan kegiatan main hp dengan kegiatan pencak silat, bermain layang-layang bersama teman-teman, dan membiasakan mengaji dengan memberikan materi yang menarik dan menyenangkan.
Â
Kata kunci : gadget, new normal.
Referensi
Sugiono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.
LPM UNIGA.2020. Pedoman dan Panduan Kuliah Kerja Nyata. Garut.
Nurhalifah, Rispa. 2020.Pengaruh Gadget Terhadap Minat Belajar Pada Anak-Anak.
Anggraeni,Septi. 2019.Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga6 Banjarmasin.6.
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2176
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
VISITOR:
INDEXING :
FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.