Upaya Dalam Mengatasi Problematika Penggunaan Gadget Pada Anak Tingkat Sekolah Dasar di Era New Normal

Penulis

  • Acep Rahmat Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2176

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kembali apakah penggunaan gadget oleh anak tingkat sekolah dasar di era new normal di gunakan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data diperoleh dari observasi, wanwancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, problematika  pada anak tingkat sekolah dasar yang diakibatkan penggunan gadget selama pembelajaran jarak jauh atau daring ini berupa: anak kecanduan main game, penggunaan aplikasi sosial media yang tidak digunakan secara bijak seperti tiktok, facebook, dan instagram, serta menonton video atau membuka situs yang tidak seharusnya mereka akses. Upaya dalam mengatasi problematika tersebut secara sederhana. Namun dilakukan secara terus-menerus, seperti mengalihkan kegiatan main hp dengan kegiatan pencak silat, bermain layang-layang bersama teman-teman, dan membiasakan mengaji dengan memberikan materi yang menarik dan menyenangkan.

 

Kata kunci : gadget, new normal.

Referensi

Sugiono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

LPM UNIGA.2020. Pedoman dan Panduan Kuliah Kerja Nyata. Garut.

Nurhalifah, Rispa. 2020.Pengaruh Gadget Terhadap Minat Belajar Pada Anak-Anak.

Anggraeni,Septi. 2019.Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga6 Banjarmasin.6.

Diterbitkan

2022-12-03