Pengenalan Flipped Classroom Kepada Guru SMA Edu Global Untuk Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Penulis

  • Abdul Latip Universitas Garut
  • Shinta Purnamasari Universtias Garut
  • Dudung Abdurrahman Universitas Garut
  • Siti Nurawaliyah Universitas Garut
  • Riana Fashya Universitas Garut
  • Neng Lia Nuraeni Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v1i2.1825

Kata Kunci:

PTMT, Flipped classroom, Guru

Abstrak

Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) mulai diberkalukan sejak kasus positif pandemi covid-19 mulai mengalami penurunan. Dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas tentu saja diperlukan langkah khusus dari sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Untuk proses pembelajaran, guru perlu menyiapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pembelajaran. Dosen pada program studi Pendidikan IPA FPIK Universitas Garut melaksanakan pengabdian dengan melaksanakan kegiatan pengenalan flipped classroom untuk guru-guru dalam langkah menghadapi kebijkan PTM terbatas. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap pemberian materi, tahap praktik perancangan pembelajaran dengan model flipped classroom, dan pemberian kuisioner kepada para guru. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan dan dihadari oleh semua guru di lingkungan SMA Edu Global. Kegiatan pengabdian tersebut mendapat respon positif dari para guru dan memahami materi untuk diimplementasikan dalam pembelajaran tatap muka terbatas.

Referensi

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 484–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index

Latip, A. (2020). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115.

Latip, A., & Sutantri, N. (2021). Implementation of Flipped Classroom Model on Distance Learning on Volta Cell Application Topics. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(2), 103–110. https://doi.org/10.21580/jec.2021.3.2.7568

Nirarta, A. A. G. A. D. A., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2021). E-Learning Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 360–370. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Wibowo, D. E., Mahmudi, A., Pujiastuti, P., & Perdana, M. A. (2021). Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 114–126. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37920

Wiganda, I., & Fatonah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 236-248.

Yudha Pratama, F., Cacik, S., Agustin, I., Muhammadiyah, S., & Tuban, U. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid-19. 1(2), 11–17.

Diterbitkan

2022-07-08