Pengenalan Eksperimen Fisika Sederhana Kepada Siswa Kelas VI di SDN 2 Limbangan Timur

Nenden Sri Rahayu, Putri Rahmalia Lestari, Widi Nugraha Ady, Asep Irvan Irvani

Abstrak


Rendahnya pendidikan sains siswa kelas VI, dari salah satu sekolah dasar di Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut merupakan latar belakang dari pengabdian ini. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pelaksanaan pembelajaran sains dengan melakukan eksperimen, guru hanya menugaskan siswa untuk membayangkan peristiwa tanpa melakukan eksperimen. dalam pembelajaran sains, guru melibatkan siswa secara aktif. Salah satu cara yang digunakan dalam proses pembelajaran ini adalah dengan menerapkan metode eksperimen sederhana. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan minat belajar sains siswa kelas VI tingkat sekolah dasar pada materi fluida statis dan pembiasan cahaya. Dalam eksperimen ini penulis melibatkan siswa kelas VI yang terdiri dari 21 orang siswa. Hasil pengabdian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menjelaskan secara singkat materi yang akan dibahas; (2) pelaksanaan eksperimen; (3) membagikan kuesioner evaluasi.; nilai persentase hasil belajar sains yang diperoleh yaitu 32% kemudian meningkat menjadi 67%. Berdasarkan hasil pengabdian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen pada pembelajaran sains dapat meningkatkan minat belajar sains siswa kelas VI tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci


Eksperimen fisika; fluida statis; pembiasan cahaya; sekolah dasar

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Qomariyah N, Wirawan R, Minadi S, Alaa S & Handayana Y.2020. Pendalaman Konsep Fisika Menggunakan Alat Peraga Berbasis Mikrokontroler Pada Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 2 – 4.

Suryansyah, Mardiana & Hutari. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Quantum Teaching Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 3-5.

Suhandi Andi. 2017. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidika Dasar, 2(2), 1-5.

Somantri Asep, Djumhana Nana & Hendriani Ani. 2018. Penerpan Metode Eskperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1-7.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : [email protected]

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Pengunjung: 


EISSN :