Meningkatkan Peran Serta Siswa Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Dengan Cara Menumbuhkan Kesadaran Pribadi

Penulis

  • Anton Anton Universitas Garut
  • Akmal Fauzan Muhamadi Universitas Garut
  • Evi Siti Maesaroh Universitas Garut
  • Siti Sopiah Hamdaniyah Universitas Garut
  • Alvi Rezqa Putri Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v1i2.1791

Abstrak

Program NEW KKN  merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Dengan adanya pandemi ini memberikan perubahan signifikan pada berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Program NEW KKN daring merupakan salah satu bentuk penyesesuaian dalam sektor pendidikan selama masa pandemi Covid -19. Persebaran Covid -19 meningkat semakin cepat melalui tetesan air liur ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Akan tetapi, masih sangat minim pemahaman dan kesadaran siswa di SMP IT AL-WASI Desa Neglasari Kecamatan Cisompet yang mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah sehingga sekolah dilakukan pembelajaran daring. Lokasi tersebut merupakan padat penduduk.  Oleh karena itu, perlunya peningkatan pemahaman Covid -19 dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan penanggulangan Covid -19. Berdasakan permasalahan tersebut, penulis melakukan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan NEW Kuliah Kerja Nyata (NEW KKN) UNIGA Tematik Covid -19.

Referensi

BP- KKN, 2016

WHO. (2020) ‘WHO announces COVID-19 outbreak a pandemic’ World Health Organzation Regional Office for Europe. [online] Tersedia di: http://www.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/news/news/2020/3/who-announces-covid-19-outbreak-a-pandemic Diakses: 5 Agustus 2020

Kemendikbud. (2020) ‘Perluas Akses Belajar di Masa COVID-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah’ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [online]. Tersedia di: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/perluas-akses-belajar-di-masa-covid19-mendikbud-luncurkan-program-belajar-dari-rumah Diakses: 5 agustus 2020

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic COVID-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) COVID-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan COVID-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59-70.

MUI. (2020) Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia.

Kemendesa. (2020) Protokol Relawan Desa Lawan COVID-19. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Antusiasme Pelajar dalam Kampanye Pencegahan COVID-19. Jakarta: Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Dabbagh dan Ritland, 2005: 15

Buku Pedoma New KKN 2020 Tematik COVID-19. Garut: lembaga pengabdian kepada masyarakat (LPM) Universitas Garut.

Fahmi, Ismail (2017). Perilaku masyarakat Indonesia terhadap hoax media dan budaya baca.

Lestari, Hilda (2020) Peran Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19.

Diterbitkan

2022-06-08