Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Program Kuliah Kerja Nyata Di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Yufi Mohammad Nasrullah Universitas Garut
  • Yasya Fauzan Wakila Universitas Garut
  • Yuni Tri Lestari Surahman Universitas Garut
  • Yusya Miksalmina Universitas Garut
  • Fatan Moch Dhiyauddin Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v1i1.1790

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa untuk mendapatkan nilai tambah pada pendidikan tinggi. Adanya Covid-19 memberikan perubahan signifikan pada berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. KKN daring merupakan salah satu bentuk penyesesuaian dalam sektor pendidikan selama masa Covid-19. Pada pelaksanaan KKN daring, teknologi menjadi kunci keberlangsungan pelaksanaan KKN daring yang dapat menjadi penghubung antara mahasiswa dengan masyarakat yang tersekat oleh jarak. Namun, teknologi akan menjadi tidak termanfaatkan jika tidak dibarengi dengan pengguna yang melek teknologi. Literasi teknologi informasi dan komunikasi, mencakup segala pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi, mengenal perangkatnya, mengoperasikannya, mengolah, dan mengkomunikasikan informasi. Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan penting dalam memperlancar KKN daring, menjadikan KKN daring lebih efektif, memperlancar komunikasi dan kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat, serta mendorong penggunaan teknologi yang positif, mengedepankan etika sosial, dan bertanggung jawab.

Referensi

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2009: 1-16.

Arifa, F, N. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Kajian Singkat Terhadap isu Aktual dan Strategis. 2020; 12(7): 13-18.

Maphosa, C., dan Bhebhe, S. European Journal of Education Studies digital literacy: a must for open distance and e-learning (odel) students. European Journal of Education Studies. 2019; 5(10): 186–199.

Triwibowo, W. (2020, April.23). Gagap 3 Aspek Vital: kuliah online di tengah Covid-19 bisa perparah gap akses pembelajaran bermutu bagi mahasiswa miskin.[online]. Tersedia: https://theconversation.com/amp/gagap-3-aspek-vital-kuliah-online-di-tengah-covid-19-bisa-perparah-gap-akses-pembelajaran-bermutu-bagi-mahasiswa-miskin-134933.

Mustika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta: Yayasan Obor Nasional, 2004), hlm. 2-3

Winarno Surachman. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, Teknik (Bandung: Tarsita, 1990) Hal. 139

Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996), edisi ke-III, cet. Ke-7, hlm. 69.

Eriyanto, Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media, (Yogyakarta: LkiS, 2005) Cet. 5. Hlm. 59.

Cheawjindakarn, B., Suwannatthachote, P., dan Theeraroungchaisri, A. Critical Success Factors for Online Distance Leaning In Higher Education: A Review of the Literature. Creative Education. 2012: 3(supplement): 61-66.

Agustina, R., Santosa, P, I., dan Ferdiana, R. Sejarah, Tantangan dan Faktor Keberhasilan dalam Pengembangan E-Learning. Seminar Nasional Sistem informasi Indonesia. Yoyakarta. 2016; 209-218.

Gupta, R. Impact of ICT in Distance Education and Teacher. International Journal of Research. 2017; 5(1): 163–171.

Iwu, A. O., dan Umeh, J. O. ICT in education: Implications for distance learning. Mediterranean Journal of Social Sciences. 2013; 4(7): 59–66.

Kagugu, A. H. The Role of Information Communication; The Case of the Open University of Tanzania. HURIA Journal of The Open University of Tanzania; 2011.

Yazon, A., D, et al. Digital Literacy, Digital Competence and Research Productivity of Educator. Universal Journal of Education Research. 2019; 7(8): 1734-1743.

Law, N., Woo, D., de la Torre, J. and Wong, G. A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2, Information Paper No. 51. Montreal: UNESCO Institute for Statistics. 2018: 6-13.

Railean, E. Psychological and pedagogical considerations in digital textbook use and development. Hershey, PA: Idea Group. 2015: 1-17.

Santoso, A., dan Lestari, S. The Roles of Technology Literacy and Technology Integration to Improve Students’ Teaching Competencies. KnE Social Sciences, 2019; 3(11): 243-256.

Keskin, N, O., Ozata, F, Z., dan Banar, K. Examining Digital Literacy Competences and Learning Habits of Open and Distance Learners. Contemporary Educational Technology. 2015; 6(1): 74-90.

Diterbitkan

2022-01-29