Progressivisme Manusia Indonesia: Kuantitas Sumberdaya Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan

Riska Maelani, Hasan Mustapa, Iman Saifullah

Abstrak


Indonesia termasuk salah satu negara dengan populasi penduduk besar, yakni sebesar 260,580,739 jiwa (perjuli 2017) atau sebesar 3,5% dari jumlah penduduk dunia atau keempat setelah Cina (18,8 %), India (17,2 %) dan Amerika (4,4 %). Sayangnya, ledakan populasi penduduk Indonesia tiap tahun tidak signifikan dalam membantu Indonesia menjadi negara yang berkembang maju seperti Cina dan India baik dalam pendidikan, ekonomi maupun politik. Bagaimana sistem, pengelolaan dan dinamika pemikiran dan praktik pendidikan di Indonesia termasuk faktor yang berpengaruh terhadap kelambanan yang dihadapi Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan.
Hipotesis utama studi ini menyatakan bahwa corak berpikir progressif dalam proses pendidikan dapat mengoptimalkan potensi kuantitas sumberdaya manusia Indonesia menjadi berkualitas.
Temuan riset ini memperlihatkan bahwa dalam perspektif progressivisme kuantitas sumberdaya manusia Indonesia masih belum dilihat sebagai potensi akal yang berlimpah yang harus diolah bagi pemecahan berbagai problema bangsa. Hal ini terjadi karena beberapa aspek seperti: (a) Proses pendidikan belum mampu mengoptimasi kesadaran siswa sebagai subjek utama sumberdaya manusia; (b) Murid terdidik untuk lebih pasif dalam penyelesaian masalah sumberdaya manusia; (c) Relasi sekolah dan masyarakat tidak terbangun secara produktif sebagai media peningkatan kapasitas sumberdaya manusia; (d) Suasana sosial kelas maupun sekolah masih cenderung dehumanis serta kurang demokratis.
Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa kuantitas sumberdaya manusia Indonesia belum mampu dioptimalkan menjadi kekuatan untuk memecahkan berbagai problematika kehidupan bangsa karena ketidaksesuaian praktik dinamika pendidikan di Indonesia dengan semangat progresivisme

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Astroulakis, Nikos. “Ethics And International Development: The Development Ethics Paradigmâ€. Journal of Economics and Business. Vol. XVI (2013). No 1: 99-117.

BPS. Statistical Yearbook of Indonesia 2017.

Brennen, Annick M. “Course Work Philosophy of Educationâ€, A Booklet, Northern Caribbean University, August (1999).

Burchi, Francesco. “Identifying the Role of Education in Socio-Economic Development “. International Conference on Human and Economic Resources (Izmir, 2006): 201.

Byars, L. & Rue,L. Human Resource Management (eighth ed.) (New York: McGraw-Hill/Irwin, pp. 371-383).

Byrd, Miemie Winn. Education, Economic Growth, and Social Stability: Why the Three Are Inseparable: (2013), 113.

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia. Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Cet. XVII (Bandung: Kaifa, 2013).

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. Quantum Learning. Membiasakan Belajar. Nyaman dan Menyenangkan (Bandung: Penerbit Kaifa, 2000).

Ellis, A. K., Cogan, J. J., & Howey, K. R. 1991. Introduction to the Foundations of Education (3rd ed.) (New Jersey: Prentice Hall).

Fadjar, A. Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).

Fadjar, A.Malik. Tinta Yang Tidak Pernah Habis (Jakarta; Penerbit INTI, 2008).

Glover, J., 1995. “The Research Programme of Development Ethicsâ€: 116-39. In Nussbaum, M. and Glover, J., eds. 1995. Women, Culture, and Development: A Study of Human Capabilities (Oxford: Oxford Univ. Press).

Gollwitzer, Petter M. dan Bayer, Ute. 1999. Deliberative versus Implemental Mindsets in the Control of Action, pdf. Files.: 413 (Diakses 9 Des 2017).

Goulet, D., 1988. Tasks and Methods in Development Ethics, Cross Currents, 38(2), 146- 163.

Goulet, Denis. 1974 “Makers of History and Witnesses to Transcendence,†in A New Moral Order, (Maryknoll, NY: Orbis Books): 109–42.

Hamelink, C., 1997. Making Moral Choices in Development Co-operation: The Agenda for Ethics. In Hamelink (ed., 1997), pp. 11-24.

Henderson, Stella van Pettern. 1959. Introduction to The Philosophy of Education (Chicago: The University of Chicago).

Jafar, Ghasemi. 2003. “Empowerment Industrial Management Organizationâ€. Tadbir Journal. No. 13, 13th years Tehran, Iran.

Kadir, Abdul., dkk. 2012. Dasar-dasar Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).

Lahijani, Payam Faraji., Nojedehi, Pouya., Haghanipour, Afsoon. 2012. “Human Resources Empowerment Strategies in Developmentâ€. Projects Engineering Research and Applications (IJERA) Vol. 2, Issue 3 (May-Jun): 2760-2761.

Meier, G. M. dan J. E. Rauch. 2000. Leading Issues in Economic Development (seventh edition). New York-Oxford: Oxford University Press.

Ornstein, A. C., & Levine, D. U. 2003. Foundations of education (8th ed.) (Boston: Houghton-Mifflin).

Pitrik, Renate Motschnig dan Santos, Antonio M. “The Person Centered Approach to Teaching and Learning as Exemplified in a Course in Organizational Developmentâ€. ZFHE Jg.1 / Nr.4 (Dez. 2006) S. 5-30: 6.

Radu, Lucian. “John Dewey And Progressivism In American Educationâ€, Bulletin of the Transilvania University of Brasov, Series VII, vol. 4 (53) no. 2 (2011): 85-90.

Rahmah, Siti. Teori Kecerdasan Majemuk Howard Gardner Dan Pengembangannya Pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. V, No. 1,2008: 89-110.

Ramirez, A., G. Ranis, dan F. Stewart. 1998. “Economic Growth and Human Capitalâ€. QEH

Riyanto, Br. Theo. 2004. Pendidikan yang Humanis. http://www.bruderfic.or.id/h-60/pendidikan-yang-humanis.html. Diakses 17 Des 2017.

Sahay, B.S. 2005. “Multi Factors Productivity Measurement Model for Service Organizationâ€. Internatinal Journal of Productivity and Performance Management, Vol.54, No.1, PP.7-22.

Soltis, Jonas F. 1981. “Education and the Concept of Knowledgeâ€, Philosophy and Education, National Society for the Study of Education 80th Yearbook (Chicago: University of Chicago Press).

Tafsir, Ahmad. 2016. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu, Memanusiakan Manusia. Cetakan ketujuh (Bandung: Rosdakarya).

Tan, Charlene. 2006. Philosophical Perspectives on Education. In Tan, C., Wong, B., Chua, J.S.M. & Kang, T. (Eds.), Critical Perspectives on Education: An Introduction. pp. 21-40 (Singapore: Prentice Hall).

The Concise Report. 2003. Population, Education and Development (UN): 47.

Tirtarahardja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta).

Türkkahraman, Mimar. 2012. “The Role Of Education In The Societal Developmentâ€. Journal Of Educational And Instructional Studies In The World. Vol. 2. Issue: 4 Article: 04. ISSN: 2146-746340 (November).

UNICEF, A Human Rights-Based Approach to Education for all A framework for the realization Of children’s right to education And rights within education (New York: UNCF-USA, 2007. Working Paper No. 18.

Yusuf Hamdan. 2003. Penerapan Konsep 7 Habbits of Highly Effective Peopla dalam Profesi Dosen. 119-134. Mediator.Vol. 4 No. 1.

Internet

http://www.worldometers.info/world-population/ (Diakses 09 Des 2017).

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3455970/peringkat-indeks-pembangunan-manusia-ri-turun-ini-kata-pemerintah. (Diakses 16 Des 2017).

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3455970/peringkat-indeks-pembangunan-manusia-ri-turun-ini-kata-pemerintah. Diakses 16 Des 2017)

https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/rankorder/2119rank.html (Diakses 9Des17).

https://www.vebma.com/fakta/Fakta-Sistem-Pendidikan-Di-China/3428. (Diakses 16 Des 2017).

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/sistem-pendidikan-amerika-serikat-pantas-banget-untuk-kamu-lirik-ini-alasannya. (Diakses 16 Des 2017).

http://wartasejarah.blogspot.co.id/2016/05/sistem-pendidikan-di-china-tiongkok.html

http://kupang.tribunnews.com/2017/01/27/pendidikan-indonesia-berkaca-dulu-kepada-india-soal-skill-mereka-boleh-diadu. (Diakses 16 Des 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.830

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.