PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT PERSPEKTIF SYAIKH UMAR BIN ACHMAD BARADJA DALAM KITAB ALAKHLAK LIL-BANIIN JILID I (Studi di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin)

Ahmad Jaelani

Abstrak


Penelitian ini bertolak di satu sisi adanya realitas di lapangan bahwa masih banyak orang tua yang tidak membimbing bahkan tidak memperhatikan anaknya ketika berada di pondok pesantren. Di sisi lain kurangnya motivasi anak dalam mengikuti pendidikan agama terutama pendidikan akhlak. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter anak dalam kitab AlAkhlak Lil-Baniin jilid 1 menurut pandangan Syaikh Umar bin Achmad Baradja, Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter anak dalam kitab Al-Akhlak Lil-Baniin jilid 1 pada santri pondok pesantren Nurul Muttaqin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian diusahakan pula adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran terhadap data-data tersebut. Penelitian ini juga ditunjang dengan data-data yang diperoleh melalui penelitian lapangan yakni dengan teknik wawancara dan penelitian kepustakaan yaitu dengan cara mengkaji dan mempelajari berbagai literatur yang erat kaitannya dengan masalah yang akan dibahas.
Adapun hasil penelitian ini adalah dari hasil kajian pustaka bahwa pendidikan karakter (akhlak) sangatlah penting sekali bagi masa depan anak. Pendidikan karakter (akhlak) dalam kitab Al-Akhlak Lil-Baniin jilid 1 yang dibahas oleh peneliti memiliki beberapa poin, diantaranya: 1) Akhlak Kepada Allah SWT, 2) Akhlak Kepada Nabi Muhammad SAW, 3) Akhlak Kepada Manusia, 4) Akhlak Kepada Diri Sendiri, dan 5) Akhlak Terhadap Lingkungan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa setelah menganalisis pemikiran Umar Baradja mengenai akhlak dengan kondisi akhlak yang ada di masyarakat dan santri pondok pesantren Nurul Muttaqin, ternyata terlihat jelas adanya realisasi yang baik dari anak atau santri tersebut sebagai wujud pengamalan dari pemikiran Umar Baradja yang dituangkan dalam karyanya yakni Kitab Al-Akhlak Lil-Baniin.
Hal ini terbukti dengan adanya perubahan sikap yang baik dari kepribadian santri sehingga banyak masyarakat yang mengikutsertakan anaknya dalam kepesantrenan dan banyaknya santri yang lebih giat serta bersemangat dalam menimba ilmu agama terutama akhlak.

Kata Kunci: Al-Baradja, Al-Akhlak Lil-Baniin, Pendidikan, Akhlak, Karakter

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v5i1.42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.