PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Eksperimen di Kelas 1 MI Assibyan Singajaya)

Enur Nurhayati

Abstrak


Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah MI Assibyan ini kurang
meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam ranah menulis. Sehingga masih banyak siswa yang belum lancar menulis.Dan pada umumnya pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah lanjutan belum memuaskan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil kemampuan menulis siswa yang tanpa menggunakan metode Quantum Writing di kelas 1A pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Assibyan Singajaya, dan untuk mengetahui hasil kemampuan menulis siswa yang menggunakan metode Quantum Writing di kelas 1B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Assibyan Singajaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
Eksperimen guna untuk membandingkan hasil kemampuan menulis antara dua kelompok yaitu di kelas eksperimen dan di kelas kontrol.Dalam perhitungan penulis menggunakan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil kemampuan menulis siswa yang tanpa menggunakan metode Quantum Writing di kelas 1A pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukan kualifikasi kurang efektif. Hal ini berdasarkan nilai
perhitungan bahwa nilainya adalah 67,52 Di bandingkan dengan hasil kemampuan menulis siswa yang menggunakan metode Quantum Writing di kelas 1B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukan kualifikasi cukuf efektif atau cukuf baik hal tersebut terlihat pada hasil nilai sebesar 75,94 Berdasarkan perhitungan bahwa pengaruh penggunaan metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh hasil sebesar 92,16% dan angka tersebut menunjukan bahwa metode Quantum Writing berpengaruh besar terhadap kemampuan menulis siswa.

Kata kunci : Metode, Quantum Writing, Kemampuan Menulis

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.32

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.