Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar

Ice Sariyati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas penggunaan metode Total
Physical Response (TPR) dalam meningkatkan penguasaan vocabulary Bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Metodologi yang digunakan adalah metode mixed method, yang mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental, dengan melibatkan dua kelompok partisipan (kontrol and eksperimen) siswa kelas satu di sebuah Sekolah Dasar Islam di Bandung serta memberikan pretest, treatment and
posttest. Selain itu, observasi dengan melakukan catatan lapangan ditempuh untuk mengetahui respon para siswa terhadap metode TPR. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil skor pretest dan posttest kelompok kontrol tidak menunjukan perbedaan yang signifikan. Sebaliknya, hasil skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukan perbedaan yang signifikan. Karenanya dapat disimpulkan bahwa penguasaan vocabulary bahasa Inggris kelompok eksperimen meningkat secara signifikan. Selain itu, data dari hasil observasi dengan melakukan catatan lapangan menunjukan bahwa secara umum para siswa merespon dengan baik terhadap penggunaan metode TPR yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan selama proses pembelajaran, para siswa terlihat senang, antusias, berpartisipasi dengan baik tanpa ada perasaan tertekan atau stress. Terlebih lagi, mereka memahami baik materi pembelajaran maupun instruksi kelas. Karenanya dapat disimpulkan bahwa metode TPR efektif dan cocok digunakan untuk siswa Sekolah Dasar yang mempelajari bahasa Inggris, khususnya vocabulary.

Kata kunci: efektivitas; response; Total Physical Response; vocabulary,

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v11i1.27

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.