AKTIVITAS MEDIA RELATIONS KONSULTAN PUBLIC RELATION MEDIA BUFFET DALAM MEMBANTU PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN KLIEN

Penulis

  • Sekar Ayu Universitas Nasional
  • Dwi Dwi Kartikawati Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.10358/jk.v6i2.802

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah bagaimana Aktivitas Media Relations Konsultan Public Relations “Media Buffet†dalam membantu pembentukan citra klien perusahaan startup berbasis teknologi PT Paxel Algorita Unggul. Perusahaan Paxel adalah pelopor Same Day Delivery antar Kota dan Provinsi yang pertama di Indonesia. Konsultan Public Relations menjadi jawaban dari kebutuhan perusahaan dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat atau untuk menjalin hubungan baik dengan media. Media adalah salahsatu stakeholder yang berperan penting dalam membentuk citra perusahaan dengan memanfaatkan strategi dan aktivitas digital. Konsultan Public Relations sangat dibutuhkan seiring tingginya persaingan antar kompetitor. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data wawancara mendalam pada 4(empat) informan, dan observasi, maka hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas media relations yang dilakukan Media Buffet terbagi atas dua hal, Pertama(1) Introduction Media meliputi Media Visit & Editor Luncheon. Kedua (2) Maintaining Relations meliputi: Event Paxel, Press Briefing dan Press Release. Aktivitas Media Relations tersebut juga dipadukan dengan SEO Optimization Strategy, mengakibatkan terjadi peningkatan publisitas pemberitaan dan Brand Awareness PT Paxel.

Biografi Penulis

Sekar Ayu, Universitas Nasional

Lulusan Universitas Nasional dengan cumlaude, dan prestasi non akademik sebagai Wakil 2 Mpok Depok 2018

Dwi Dwi Kartikawati, Universitas Nasional

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional Jalan Sawo Manila Pasar Minggu Jakarta 12520

Referensi

Buku:

Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan

Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hasrullah. (2013). Beragam Perspektif Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana

Iriantara, Y. (2005). Media Relations Konsep Pendekatan dan Praktik. . Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Jefkins, F. (2014). Public Relations. Edisi V.. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan ke:18. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan

Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Artikel Jurnal:

E. B., G. (2016). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi

Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal The Messenger, 6(1), 1-7.

doi://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.161

Kartikawati, D. (2018). Implementasi Difusi Inovasi Pada Kemampuan Media Baru Dalam

Membentuk Budaya Populer (Kajian Pada Media Youtube di Kalangan Remaja).

Jurnal Ekspresi dan Persepsi. 1 (1): 83-102

doi://dx.doi.org/10.33822/jep.v1i01.447

Kencanawati, R.A, & Putri, E.G. (2019). Analisis Strategi Public Relations Klinik

Micheleanne Dalam Membangun Awareness Perawatan Stem Cell. Jurkom: Jurnal

Riset Komunikasi. 2(2):126-135

Priandono, T. E. (2014). Kepercayaan Klien Terhadap Konsultan Hubungan Masyarakat.

Jurnal Ilmu Komunikasi. 17 (1): 1-14.

Yumikosari, M.A & Purnama, H. (2017). Strategi Cyber Public Relations Website E-Market

place(Studi Deskriptif Pada Website E-Marketplace Jual Beli Hasil

Laut Pasarlaut.Com). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1):57-65.

doi: //dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.25

Website:

Shortlist.com. (2020). “ The Best PR Agency in Indonesia 2020 â€. Tersedia dari https://www.sortlist.com/public-relations/indonesia-id

Diterbitkan

2020-10-07

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian