PERAN REMAJA DALAM PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus dalam Program PIK Remaja di RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet)

Mutia Lestari Noor, Astri Dwi Andriani

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti program pemerintah yaitu Program Kampung KB khususnya Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran remaja dalam program kampung KB, studi kasus dalam program PIK R di RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan ketua kampung KB, ketua PIK R dan pembina PIK R. Pengamat langsung di RW 03 Desa Sukatani dan kegiatan remaja. Serta telaah dokumen di kantor DPPKBP3A dan pengecekan atau pembanding data tokoh pemuda, penanggungjawab kegiatan dan tokoh masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemuda pada kegiatan di RW 03 Desa Sukatani sudah berjalan sebelum program kampung KB masuk, karena remaja berperan aktif di masyarakat sudah berjalan sebelum ada program tersebut. Manfaat yang didapat yaitu pembina program mengetahui kapan program bisa diterapkan, sehingga pembina bisa menyampaikan program pada kegiatan remaja yang sudah ada.
Kata kunci : Program kampung KB, PIK Remaja, peran remaja, studi kasus.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Direktorat Bina Ketahanan Remaja. (2014). Pedoman Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i1.775

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i1.775.g695

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015