STRATEGI KOMUNIKASI LAZNAS IZI KANTOR PERWAKILAN RIAU DALAM RANGKA SOSIALISASI ZAKAT

Muhammad TNT Arif

Sari


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Riau Dalam Rangka   Sosialisasi   Zakat.   Informan   dalam   penelitian   ini   adalah   Kepala Perwakilan, Kepala Bidang Edukasi Kemitraan Zakat, dan Staf. Penentuan informan penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, yaitu orang-orang yang dipilih berdasarkan kriteria dalam penelitian. Adapun teknik analisa yang digunakan adalah data kualitatif, berupa kata-kata, narasi-narasi, baik yang  diperoleh  dari  wawancara,  observasi  maupun  dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian di lapangan disetiap strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Riau dalam rangka Sosialisasi Zakat ada dua, yaitu: strategi langsung (face to face) dan   tidak langsung, dua strategi ini mampu  memberikan kontribusi yang luar biasa, dan merupakan  perpaduan  antara  konvensional  dan  modern.  Jika  dimaksimalkan, maka akan terwujud semua tujuan dari sosialisasi zakat kepada seluruh lapisan masyarakat. Selanjutnya,  melihat  bahwa strategi yang digunakan oleh Inisiatif Zakat  Indonesia  (IZI)  Perwakilan  Riau  sudah  sesuai  dengan  teori  yang  ada, pada beberapa bagian sudah bisa memaksimalkan potensi, phoneselling contohnya,  bisa berubah menjadi layanan  yang  sangat  bagus bagi  masyarakat karena dinilai sangat praktis dan mudah, selain itu hasil yang didapatkan juga maksimal.

 

Kata-kata kunci: strategi; komunikasi; laznas; sosialisasi zakat

 

Abstract

This study aims to explanation the Communication Strategy of the National Amil Zakat Institution (Laznas) Indonesian Zakat Initiative Riau Representative Office In the Context of Dissemination of Zakat, the informants in this study are the Chief Representative, the Head of Zakat Partnership Education, and Staff. Determine  the  informants  of  this  study  using  interview techniques, namely people who are selected based on the criteria in the study. The analysis technique used is qualitative data, in the form of words, narratives, both obtained from  interviews,  observations  and  documentation.  Based  on  the  results  of research in every communication strategy of the National Amil Zakat Institution (Laznas) Indonesian Zakat Initiative in Riau Representative Office in the context of Zakat Socialization, there are: direct (face to face) and indirect strategies, these two strategies are able to provide extraordinary contributions , and is a blend of conventional and modern. If maximized, all the goals of the socialization of zakat will be realized to all levels of society. Furthermore, seeing that the strategy used by the Indonesian Zakat Initiative (IZI) representative of Riau is in accordance with existing theories, even in some parts it has been able to maximize its potential, for example cellphone, can turn into a very good service for the community because it is considered very practical and easy, besides the results obtained are also maximum.

 

Keywords: strategy; communication; laznas; dissemination of zakat

 


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Buku:

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.

Al-Qur’an dan terjemahan Depertemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan CVToha Putra, Semarang.

Amalana, Arina. (2016). Sosialisasi BMT An-Nawawi Purworejo terhadap siswa- siswi untuk menggunakan simpanan pendidikan. Diploma thesis. UIN Walisongo.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Brannan, Tom. (2005). Integrated Market Communication. Jakarta: PPM.

Didin, Hafidhuddin, (2002). Zakat dalam Perekonomian Modern, (Jakarta: Gema Insani Press.

Effendy, Onong Uchjana. 2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung PT. Remaja Rosda Karya.

Littlemore, J. (2003). The Communicative Effectiveness of Different Types of Communication Strategy. System.

Manullang, M. (2004). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Qardawi, Yusuf. (2006). Hukum Zakat. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

RI, Agama, Kementrian. (2013) Pedoman Penyuluhan Zakat. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat.

Rizal, Dairi. (2012). Metodolgi Penelitian Berbasis Kompetensi. Pekanbaru: Uir Press.

Sutrisno, Hadi, (1993), Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.

Website:

Bastanul, Siregar (2015, Juni 30). “ini penyebab pengumpulan dana zakat masihrendahâ€http://industri.bisnis.com/read/20150630/12/448776/ini-penyebab- pengumpulan-dana-zakat-masih-rendah.

Baznas. (2019). http://www.koran-jakarta.com/potensi-zakat-di-indonesia- capai-rp217-triliun/.

Dosensosiologi.com. (2019, juni 20). bentuk bentuk sosialisasi, http://dosensosiologi.com/bentuk-sosialisasi/

Hartono. (2019).“Mengungkap Tabir Zakat di Indonesia â€http://www.pajak.

go.id/content/article/mengungkap-tabir-zakat-di-indonesia.

Inisiatif zakat Indonesia. (2019, Juli 30). INIZIATIF media islam masa kini.https://izi.or.id/sejarah/

Kusmana, Dedi. (2012, Juli). “Pengaruh sosialisasi oleh ppk terhadap partisipasi politik masyarakat dalam pemilu legislatif tahun 2009â€.Dalam,http://dedikusmana435.blogspot.co.id/2012/07/pengaruh-sosialisasi-oleh- ppk-terhadap.html?m=1.

Riau, BAZNAS.(2019).https://prokabar.com/hingga-oktober-baznas-riau- himpun-dana-nyaris-4-miliar/.

Wawancara:

Sampura, YJ. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).

Daud, Abu. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).

Atriadi. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).

Sari, Linda. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).

Pohan, Hernis. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i2.760

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i2.760.g833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015