STRATEGI KOMUNIKASI LAZNAS IZI KANTOR PERWAKILAN RIAU DALAM RANGKA SOSIALISASI ZAKAT
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v6i2.760Abstrak
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Riau Dalam Rangka  Sosialisasi  Zakat.  Informan  dalam  penelitian  ini  adalah  Kepala Perwakilan, Kepala Bidang Edukasi Kemitraan Zakat, dan Staf. Penentuan informan penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, yaitu orang-orang yang dipilih berdasarkan kriteria dalam penelitian. Adapun teknik analisa yang digunakan adalah data kualitatif, berupa kata-kata, narasi-narasi, baik yang  diperoleh  dari wawancara,  observasi  maupun  dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian di lapangan disetiap strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Riau dalam rangka Sosialisasi Zakat ada dua, yaitu: strategi langsung (face to face) dan  tidak langsung, dua strategi ini mampu memberikan kontribusi yang luar biasa, dan merupakan  perpaduan  antara  konvensional dan  modern.  Jika  dimaksimalkan, maka akan terwujud semua tujuan dari sosialisasi zakat kepada seluruh lapisan masyarakat. Selanjutnya,  melihat bahwa strategi yang digunakan oleh Inisiatif Zakat  Indonesia  (IZI)  Perwakilan Riau  sudah sesuai  dengan teori  yang  ada, pada beberapa bagian sudah bisa memaksimalkan potensi, phoneselling contohnya,  bisa berubah menjadi layanan yang sangat  bagus bagi masyarakat karena dinilai sangat praktis dan mudah, selain itu hasil yang didapatkan juga maksimal.
Â
Kata-kata kunci: strategi; komunikasi; laznas; sosialisasi zakat
Â
Abstract
This study aims to explanation the Communication Strategy of the National Amil Zakat Institution (Laznas) Indonesian Zakat Initiative Riau Representative Office In the Context of Dissemination of Zakat, the informants in this study are the Chief Representative, the Head of Zakat Partnership Education, and Staff. Determine  the  informants of  this study  using  interview techniques, namely people who are selected based on the criteria in the study. The analysis technique used is qualitative data, in the form of words, narratives, both obtained from  interviews,  observations and  documentation.  Based  on  the  results of research in every communication strategy of the National Amil Zakat Institution (Laznas) Indonesian Zakat Initiative in Riau Representative Office in the context of Zakat Socialization, there are: direct (face to face) and indirect strategies, these two strategies are able to provide extraordinary contributions , and is a blend of conventional and modern. If maximized, all the goals of the socialization of zakat will be realized to all levels of society. Furthermore, seeing that the strategy used by the Indonesian Zakat Initiative (IZI) representative of Riau is in accordance with existing theories, even in some parts it has been able to maximize its potential, for example cellphone, can turn into a very good service for the community because it is considered very practical and easy, besides the results obtained are also maximum.
Â
Keywords: strategy; communication; laznas; dissemination of zakat
Â
Referensi
Daftar Pustaka
Buku:
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.
Al-Qur’an dan terjemahan Depertemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan CVToha Putra, Semarang.
Amalana, Arina. (2016). Sosialisasi BMT An-Nawawi Purworejo terhadap siswa- siswi untuk menggunakan simpanan pendidikan. Diploma thesis. UIN Walisongo.
Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Brannan, Tom. (2005). Integrated Market Communication. Jakarta: PPM.
Didin, Hafidhuddin, (2002). Zakat dalam Perekonomian Modern, (Jakarta: Gema Insani Press.
Effendy, Onong Uchjana. 2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung PT. Remaja Rosda Karya.
Littlemore, J. (2003). The Communicative Effectiveness of Different Types of Communication Strategy. System.
Manullang, M. (2004). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Qardawi, Yusuf. (2006). Hukum Zakat. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
RI, Agama, Kementrian. (2013) Pedoman Penyuluhan Zakat. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat.
Rizal, Dairi. (2012). Metodolgi Penelitian Berbasis Kompetensi. Pekanbaru: Uir Press.
Sutrisno, Hadi, (1993), Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.
Website:
Bastanul, Siregar (2015, Juni 30). “ini penyebab pengumpulan dana zakat masihrendahâ€http://industri.bisnis.com/read/20150630/12/448776/ini-penyebab- pengumpulan-dana-zakat-masih-rendah.
Baznas. (2019). http://www.koran-jakarta.com/potensi-zakat-di-indonesia- capai-rp217-triliun/.
Dosensosiologi.com. (2019, juni 20). bentuk bentuk sosialisasi, http://dosensosiologi.com/bentuk-sosialisasi/
Hartono. (2019).“Mengungkap Tabir Zakat di Indonesia â€http://www.pajak.
go.id/content/article/mengungkap-tabir-zakat-di-indonesia.
Inisiatif zakat Indonesia. (2019, Juli 30). INIZIATIF media islam masa kini.https://izi.or.id/sejarah/
Kusmana, Dedi. (2012, Juli). “Pengaruh sosialisasi oleh ppk terhadap partisipasi politik masyarakat dalam pemilu legislatif tahun 2009â€.Dalam,http://dedikusmana435.blogspot.co.id/2012/07/pengaruh-sosialisasi-oleh- ppk-terhadap.html?m=1.
Riau, BAZNAS.(2019).https://prokabar.com/hingga-oktober-baznas-riau- himpun-dana-nyaris-4-miliar/.
Wawancara:
Sampura, YJ. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).
Daud, Abu. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).
Atriadi. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).
Sari, Linda. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).
Pohan, Hernis. (2019, Juni 10). Kantor Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau, (Thamrin, Interviewer).