Kompetensi Komunikasi Pengajar Perguruan Tinggi Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v6i1.754Abstrak
Perkembangan teknologi semakin meningkat bahkan teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi komunikasi yang dilakukan Pengajar perguruan tinggi di era digital . Fokus dari penelitian ini adalah perspektif mahasiswa baru 2019 sebagai kelompok digital natives tentang kompetensi komunikasi dosen di Telkom University. Penelitian ini dilakukan karena teknologi saat ini telah mengubah sistem kehidupan manusia dan cara manusia bekerja, termasuk bidang pendidikan. Didalam dunia pendidikan terdapat dosen dan mahasiswa. Digital Natives adalah sebutan bagi mereka yang lahir dari budaya dimana perkembangan teknologi berkembang sangat pesat, dan Digital Immigrants adalah sebutan bagi mereka yang lahir dengan budaya yang berbeda dengan Digital Natives. Mahasiswa di usia ini tidak bisa lagi melakukan proses belajar yang selalu mengacu pada buku dan dosen seperti dulu. Dosen memiliki banyak peran dan tugas dalam mendidik, mengayomi, membimbing, mengarahkan serta memotivasi peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya. Karena tanggung jawab itulah dosen haus memiliki kompetensi, kredibilitas dan kualitas untuk membangun personal branding dalam perpektif mahasiswanya semakin sangat penting demi memberikan dampak positif bagi mahasiswa maupun juga bagi lembaga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui wawancara, observasi dan diskusi kelompok terarah dengan mahasiswa baru 2019 di Universitas Telkom.Referensi
Buku:
Considerations, D., & Onlin, E. (2002). Design Considerations for an Effective Onlin e En vironm en.
Drs. Elvinaro Ardianto, MSi dan Bambang Q-Anees, M. A. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi (p. 151).
Griffin, E. (2012). A FIRST LOOK AT COMMUNICATION THEORY A FIRST LOOK AT COMMUNICATION THEORY Special Consultants : Preface for Instructors x.
John, S. W. L. (2009). Enciclopedia Of Communication Theory.
Prensky, O. (2001). Do They Really Think Differently?
Artikel Jurnal:
Triana, K., Rahmi, T., & Putra, Y. Y. (2016). Kontribusi Persepsi Pada Beban Kerja Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Stres Kerja Guru Smp Yang Tersertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (Vol. 3).
Zlatić, L., Bjekić, D., Marinković, S., & Bojović, M. (2014). Development of Teacher Communication Competence. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 606–610.
Artikel dalam Internet:
Fernanda, N. (2018). Telkom University Dinobatkan Sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi Tiga Pemeringkatan. Retrieved February 25, 2019, from https://www.youthmanual.com/post/terkini/berita/2018-telkom-university-dinobatkan-sebagai-perguruan-tinggi-swasta-terbaik-versi-tiga-pemeringkatan
Sibarani, W. (2019). Telkom University Peringkat Pertama PTS di Indonesia. Retrieved from https://nasional.sindonews.com/read/1432277/144/telkom-university-peringkat-pertama-pts-di-indonesia-1566445944
Telkomsel.com. (2019). Telkomsel dan Telkom University akselerasikan Digitalisasi. Retrieved from https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-dan-telkom-university-akselerasikan-digitalisasi-pendidikan-di-indonesia