CSR PROGRAM BRING BACK OUR BOTTLE THE BODY SHOP SEBAGAI AKTIVITAS SOSIAL MARKETING PUBLIC RELATIONS

Lusyane Margaretha, Ahmad Toni

Sari


Abstrak

 

Corporate  Social  Responsibility adalah komitmen   perusahaan   yang   menekankan bahwa perusahaan  harus  mengembangkan  etika  bisnis  dan  praktik  bisnis  yang berkesinambungan  (sustainable)  secara  ekonomi,  sosial  dan  lingkungan. Salah satu bentuk implementasi kegiatan Corporate  Social  Responsibility yang telah dilaksanakan oleh The Body Shop di Indonesia adalah dengan Program Bring Back Our Bottle yang mengajak pelanggan mengembalikan kemasan kosong ke gerai The Body Shop Indonesia. Dalam  kontetks  komersialisasi  suatu perusahaan dalam menjalankan peran bisnisnya, aktivitas Corporate  Social  Responsibility dapat digali dalam bentuk social marketing Public Relations perusahaan, namun dengan cara yang elegant, dan diupayakan tidak merupakan aktivitas yang tidak disalahgunakan sebagai marketing gimmick untuk melakukan corporate greenwash atau pengelabuan citra perusahaan belaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis CSR program bring back our bottle the body shop sebagai aktivitas sosial marketing public relations. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualiatif. Sumber data primer primer diperoleh studi dokumentasi yang dilakukan peneliti pada website dan media sosial  The Body Shop dan sekunder hasil waeancara pada media massa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan observasi pada sosial website dan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Corporate  Social  Responsibility Bring Back Our Bottle yang diselenggarakan oleh The Body Shop Indonesia berjalan dengan baik selama 10  tahun terkahir dan mendapatkan beberapa penghargaan di bidang kegiatan peduli lingkungan. Program ini juga merupakan bentuk dari marketing public relations yang sudah berjalan dengan baik karena setiap pesan yang disampaikan oleh perusahaan The Body Shop Indonesia sudah tersampaikan dengan baik kepada pelanggan The Body Shop yang ikut mendukung program ini.

Kata kunci : Aktivitas Sosial; Body Shop; Corporate  Social  Responsibility; Public Relations; Marketing Public Relations

Abstract

Corporate Social Responsibility is a corporate commitment that emphasizes that companies must develop business ethics and business practices that are economically, socially and environmentally sustainable. One form of the implementation of Corporate Social Responsibility activities carried out by The Body Shop in Indonesia is with the Bring Back Our Bottle Corporate Social Responsibility Program which invites customers to return empty packaging to The Body Shop Indonesia outlets. In the context of the commercialization of a company in carrying out its business role, the activities of Corporate Social Responsibility can be explored in the form of corporate social relations Public Marketing, but in an elegant manner, and should not be an activity that is not misused as a marketing gimmick to carry out corporate greenwash or simply deceive the company's image. . This study aims to analyze the CSR program bring back our bottles the body shop as a social relations marketing public relations activity. The method used is qualitative with a descriptive qualitative approach. The primary primary data source was obtained by a documentation study conducted by researchers on The Body Shop website and social media and secondary results of interviews on mass media. Data collection techniques using literature study and observation on social websites and social media. The results showed that the Bring Back Our Bottle Corporate Social Responsibility program organized by The Body Shop Indonesia ran well for the past 10 years and received several awards in the field of environmental care activities. This program is also a form of marketing public relations that has been running well because every message delivered by The Body Shop Indonesia company has been conveyed well to the public or customers of The Body Shop who have supported this program.

Keywords : Body Shop; Corporate  Social  Responsibility; Public Relations; Marketing Public Relations; Social Activity


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Abadi, Saka. (1994). Marketing Public Relations (Upaya Memenangkan Persaingan Melalui Pemasaran yang Komunikatif). Jakarta: LMFEUI.

Ardianto, Elvinaro. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa.

Edi Suharto, (2010). CSR & Community Development. Bandung: Alfabeta.

Hadi, N. (2011). Interaksi Tanggung Jawab Sosial, Kinerja Sosial, Kinerja Keuangan dan Luas Pengungkapan Sosial (Uji Motif di Balik Social Responsibility Perusahaan Go Publik di Indonesia). Maksimum.

Harris, T. L. (2000). They Don’t Make ’Em Like That Anymore. Public Relations Quarterly.

ISO 26000. (2010). International Standard Organization ISO 26000:2010. Iso 9613-1.

Johan, A. M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Pengungkapan Sukarela Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi.

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Prinsip kemitraan dan kerjasama Departemen Sosial, Jakarta: 2007

Undang-Undang No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas tercantum pada pasal 74 ayat (1)

Tempo.co, Manzilati, A., et all. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Jurnal Visi Komunikasi.

Wibisono, Y. (2007). Membedah konsep & aplikasi CSR: corporate social responsibility. In seri manajemen berkelanjutan.

Yulianita, N. (2008). "Corporate Social Responsibility†(CSR) sebagai Aktivitas “Social Marketing Public Relations". Mediator: Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1145

https://www.thebodyshop.co.id/stories/bring-back-our-bottle, pada 27 Desember 2019 pukul 18.00 WIB

https://www.thebodyshop.co.id/stories/bring-back-our-bottle, pada 27 Desember 2019 pukul 20.29 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i2.730

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i2.730.g828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015