PERAN MEDIA MASSA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA DI KOMUNITAS KPOPERS BATAM
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v5i2.666Abstrak
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media massa terhadap perubahan perilaku yang terjadi pada remaja kpopers Batam dan peran media dalam proses komunikasi terkait dengan perubahan perilaku imitasi pada remaja kpopers Batam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data Miles & Huberman, dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan informan yang terdiri dari anggota masyarakat mirip KPOP di Batam. Data primer dan data sekunder yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara mendalam, dokumentasi, observasi non-partisipan, dan artikel dari internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang dipengaruhi oleh imitasi dari Korea Wave memberikan beberapa perubahan perilaku pada remaja yang menyukai kpop. Perubahan perilaku yang terjadi adalah meniru idola mereka, dari perilaku idola mereka seperti kebiasaan idola yang mereka lihat melalui video, mode, hingga belajar dan menggunakan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari, perubahan ini terjadi pada: (1) proses perhatian, ( 2) proses zikir, (3) proses reproduksi motorik dan (4) motivasi. Kata kunci: K-Popers; Meniru; Remaja; Media Massa Abstract The purpose of this study was to determine the role of mass media on behavior change that occurred in Batam kpopers adolescents and the role of the media in the communication process related to changes in imitation behavior in Batam kpopers adolescents. This study uses a qualitative descriptive method using Miles & Huberman data analysis, in determining informants, researchers used purposive sampling technique and informants consisted of KPOP-like community members in Batam. Primary data and secondary data used by researchers are in-depth interviews, documentation, non-participant observation, and articles from the internet. The results showed that adolescents affected by the imitation of the Korean Wave gave some behavioral changes to adolescents who liked kpop. The behavioral changes that occur are imitating their idols, from the behavior of their idols such as the idol habits they see through video, fashion, to learning and using Korean in their daily lives, these changes occur in: (1) attention processes, (2 ) the process of remembrance, (3) the process of motor reproduction and (4) motivation. Keywords: K-Popers; Imitate; Adolescents; Mass MediaReferensi
Daftar Pustaka
Abidin, S., Cindoswari, A. R., & Gea, S. (2017). "Kredibilitas Media Dalam Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus Kota Batam Survei Koran Harian Batam Pos, Tribun Batam, Sindo Batam, Haluan Kepri, Dan Pos Metro". Jurnal Komunikasi, Vol.3 No. 1: 72–89.
Aini, N. L. (2017). Proses Komunikasi Dalam Sosialisasi Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (Toga).
Ali, M., & Ansori, M. (2011). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik (7th ed.). Jakarta: Bumi Perkasa.
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial Interaksi, Identitas, Dan Modal Sosial (1st ed.). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Ardia, V. (2014). Drama Korea Dan Budaya Popular. Jurnal Komunikasi, 2.
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2010). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. (R. Karyanti, Ed.) (3rd ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
batam.go.id. (2016). Geografis Kota Batam. Retrieved January 2, 2018, from https://batam.go.id/profil/geografis
Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat (6th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Chaubet, F. (2015). Globalisasi Budaya. (F. I. Mokoginta, Ed.). Yogyakarta: Jalasutra.
Hamka, A. (2015). Efek Video Tutorial Online Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Animasi Di SMKN 7 Samarinda. EJournal Llmu Komunikasi, 3(3).
Hidayati, L. (2017). Okezone Week-End: Drama Korea, Pintu Masuk K-Pop ke Indonesia. Retrieved January 29, 2018, from https://celebrity.okezone.com/read/2017/09/22/205/1781162/okezone-week-end-drama-korea-pintu-masuk-k-pop-ke-indonesia
Kaparang, O. M. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi (Studi Pada Siswa Sma Negeri 9, Manado). Journal, II(2).
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moleong, J. L. (2011). Metode Penelitian KUalitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakary Offset.
Puspitasari, D. R. (2017). Pengaruh Budaya K-Wave (Korean Wave) Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Penyuka Budaya Korean Di Bandarlampung.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2014). Komunikasi Lintas Budaya (7th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Sarwono, S. W. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial (14th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Soraya, V. A. (2013). Pengaruh Budaya K-Pop Terhadap Sikap Remaja Surabaya (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Pengaruh Budaya K-Pop di Televisi Terhadap Sikap Remaja di Kota Surabaya).
Storey, J. (2010). Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. (A. Adlin, Ed.) (4th ed.). Yogyakarta: Jalasutra.
Suciati. (2017). Teori Komunikasi dalam Multi Perspektif (1st ed.). Yogyakarta: Buku Litera.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi (1st ed.). Yogyakarta: CAPS.
Tarsono. (2010). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Psikologi, iii.
Tribun Batam. (2017). Penggemar K-Pop di Batam Gabung Komunitas Ini, Yuk! Senin, 18 Desember 2017 21:02. Retrieved from http://batam.tribunnews.com/2017/12/18/penggemar-k-pop-di-batam-wajib-gabung-komunitas-ini?
Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. (R. Rachmat & A. Maulana, Eds.). Jakarta: Erlangga.
Walgito, B. (2008). Psikologi Sosial Suatu Pengantar (IV). Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum (5th ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Wardani, A. D. K. (2013). Kontribusi Media Massa Dalam Perubahan Perilaku Remaja Di Dusun Bawang, Kaloran, Temanggung. Eprints@uny.
Winarto, J. (2015). Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Retrieved January 4, 2018, from https://www.kompasiana.com/jokowinarto/teori-belajar-sosial-albert-bandura_550094558133119a17fa79fd
Yudi. (2016). Analisis Perilaku Imitasi Di Komunitas White Family Samarinda Setelah Menonton Tayangan Boyband/Girlband Korea Di Kbs Channel. EJournal Ilmu Komunikasi, 4.
Yulius, H. (2013). All About K-Pop. (A. Noverina, Ed.). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.