STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU “SALATIGA MOVEMENT (SM)†DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TERHADAP MASYARAKAT SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v5i2.665Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program strategi komunikasi pemasaran terpadu dari “Salatiga Movement†(suatu komunitas tari modern paling terkenal di Salatiga) dalam meningkatkan brand awareness terhadap masyarakat Salatiga dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensinya. Target sasarannya adalah anggota sekaligus pengurus “Salatiga Movementâ€. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Untuk pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan seperti periklanan, promosi penjualan, humas dan publisitas, penjualan personal, pemasaran langsung, serta acara dan pengalaman dapat menaikkan brand awareness merek “Salatiga Movementâ€. Strategi komunikasi pemasaran berlangsung dengan baik meskipun ada kendala yang muncul seperti pengetahuan masyarakat Salatiga mengenai dance masih minim dan pemasukan dana komunitas yang kurang. Kata kunci: Strategi; Komunikasi Pemasaran Terpadu; Brand; Awareness Abstract The purpose of this research is to find out the integrated marketing communication program of “Salatiga Movement†(one of the knowest modern dance community in Salatiga) in increasing brand awareness to Salatiga citizen for maintaining its existence. The target audiences are Salatiga Movement’s official members. This research is a qualitative research by using case study method. For getting the data, interviews, observation, and documentation are used. The results of this research indicate that integrated marketing communication which had been done by Salatiga Movement such as advertising, sales promotion, public relations and publicity, personal selling, direct marketing, also event and experience could increase the brand awareness. The integrated marketing communication has been done well even though there are still some obstacles in doing it, due to the lack of dance knowledge and financial problem faced by the Salatiga citizens. Key words: Strategic; Integrated Marketing Communication, Brand; AwarenessReferensi
Daftar Pustaka
Abdullah, M. Ma’ruf. 2016. Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ali, Dini Salmiyah Fithrah. 2017. Marketing Public Relations - Diantara Penjualan Dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.
Ardhi, Yudha. 2013. Merancang Media Promosi Unik Dan Menarik. Yogyakarta: TAKA Publisher.
Budyatna, Muhammad and Leila Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Chaerudin, Ali. 2019. Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan SDM. edited by E. D. Lestari. Kab. Sukabumi: CV Jejak.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, and Tony Sitinjak. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuisitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hanafi, Agustina and Wahab Zakaria. 2016. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios Di Palembang Square Mall ( PS Mall ).†Jurnal Manajemen XX(70):488–506.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurnia, Eddy. 2013. Costumer Is Change! Eksplorasi Perilaku Pelanggan Di Tengah-Tengah Gaya Hidup Digital. Jakarta: Bukureplika.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zahratunnisa. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Komunitas Mahakam Jazz River (MJR) Dalam Mempromosikan Musik Jazz Di Kalangan Remaja Kota Samarinda.†EJournal Ilmu Komunikasi 4(4):200–211.