PENGARUH KOMUNIKASI PIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA BANK JABAR BANTEN CABANG SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.590Abstrak
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya motivasi kerja dan semangat kerja disebabkan oleh banyak hal, seperti gaji yang terlalu rendah, lingkungan kerja yang buruk dan suasana kerja yang kurang menyenangkan serta adanya ketidakpuasan dalam menuntaskan tugas. Ketidakpuasan yang menjadi permasalahan disini bukan hanya dalam hal materi seperti upah yang layak dan bonus atau insentif, namun juga dalam hal non materi seperti penghargaan diri atas kerja, harga diri karyawan, kebutuhan untuk aktualisasi diri dengan menggunakan kecakapan, kemampuan, keterampilan dan potensi optimal untuk mencapai prestasi kerja yang sangat memuaskan, dan masih banyak lainnya. Selain itu faktor turunnya motivasi kerja karyawan juga dapat dilihat dari penyampaian informasi dari pimpinan kepada karyawan. Tujuan penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pimpinan terhadap disiplin kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang; (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pimpinan terhadap inisiatif kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang; (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pimpinan terhadap pengawasan kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh komunikasi pimpinan terhadap disiplin kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang dalam kategori sedang yaitu sebesar 0.458 atau 45.8%, (2) Pengaruh komunikasi pimpinan terhadap inisiatif kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang dalam kategori sedang yaitu sebesar 0.531 atau 53.1%, (3) Pengaruh komunikasi pimpinan terhadap pengawasan kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang termasuk ke dalam kategori rendah yaitu sebesar 0.234 atau 23.4%, (3) Pengaruh komunikasi pimpinan terhadap motivasi kerja karyawan pada Bank Jabar Banten Cabang Subang adalah termasuk ke dalam kategori rendah yaitu sebesar 0.273 atau 27.3%. Kata Kunci: Komunikasi; Pimpinan; Motivasi; Kerja Abstract This research is motivated by a decline in work motivation and morale caused by many things, such as too low salaries, poor working environment and unpleasant working atmosphere and dissatisfaction in completing tasks. Dissatisfaction is a problem here not only in material matters such as decent wages and bonuses or incentives, but also in non-material matters such as self-respect for work, employee self-esteem, the need for self-actualization by using skills, abilities, skills and optimal potential for achieving very satisfying work performance, and many others. In addition, the factor that decreases employee motivation can also be seen from the delivery of information from the leadership to employees. The purpose of this study is (1) to find out how much influence the leadership communication has on employee work discipline at Bank Jabar Banten Subang Branch; (2) To find out how much influence the leadership communication has on employee work initiatives at Bank Jabar Banten Subang Branch; (3) To find out how much influence the leadership communication has on employee work supervision at Bank Jabar Banten Subang Branch. The research method used is a quantitative approach. The results showed that (1) The influence of leadership communication on employee work discipline at Bank Jabar Banten Subang Branch in the moderate category was equal to 0.458 or 45.8%, (2) Effect of leadership communication on employee work initiatives at Bank Jabar Banten Subang Branch in the medium category namely amounting to 0.531 or 53.1%, (3) The influence of leadership communication on the supervision of employee work at Bank Jabar Banten Subang Branch is included in the low category that is equal to 0.234 or 23.4%, (3) The influence of leadership communication on employee motivation at Bank Jabar Banten Subang Branch is included in the low category of 0.273 or 27.3%. Keywords: Communication; Leadership; Motivation; WorkReferensi
Ardianto, Elvinaro. (2010). Metode Penelitian untuk Publik Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rakatama Maedia.
Arep, Ishak & Hendri Tanjung. (2004). Manajemen Motivasi. Jakarta : Grasindo.
Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gibson, L. James, Ivancevich, M. Jhon, and Donnelly. Jr. H. James. 1996. Oganisasi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hasibuan, Malayu. (2007). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moekijat. (1993). Teori Komunikasi. Bandung: CV. Mandar Maju.
Muhammad, Arni. 2004. Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
________ (2009). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pace, R. Wayne, and Faules, Don F. (2006). Komunikasi Oganisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Setiaji, Bambang. (2004). Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta : Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah.
Soemirat, Soleh, Elvinaro Ardianto & Yenny Ratna Suminar. (1999). Komunikasi Organisasional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2004). Statistik Untuk Penelitan. Bandung: CV. Alfabeta.
______ (2009). Statistik Untuk Penelitan. Bandung : CV. Alfabeta.
Suradinata, Ermaya. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Ramadhan.
Thoha, Miftah. (2002). Perilaku organisasi: konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Widjaya, A.W. (1999). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : PT. Bumi Aksara.