PENGARUH AKUN INSTAGRAM INDAH NADA PUSPITA TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK BERHIJAB
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v3i2.571Abstrak
Abstrak Tujuan Penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Instagram Indah Nada Puspita terhadap minat berhijab pengikutnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif asosiatif. Teori Uses and Gratifications dan Konsep Minat digunakan sebagai landasan teori. Analisis data statistik menggunakan analisa korelasi, koefisien determinasi dan regresi linear sederhana. Hasil yang didapat adalah pengaruh yang dihasilkan oleh akun Instagram Indah Nada Puspita terhadap followersnya dalam berhijab sebesar 23%. Sedangkan hasil perhitungan statistik menunjukan nilai F hitung sebesar 29.329 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa akun Instagram Indah Nada Puspita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat followers dalam berhijab. Keywords: Hijab; Instagram; Minat; Uses and Gratifications Abstract The aims of this research is to understand whether there were any influence from Indah Nada Puspita’s instagram towards her instagram follower’s interest to wear hijab. This research using quantitative method with type of research that is associative explanatory research. The Theory of Use and Gratification and Concept of Interest are used as the theoretical basis. This research using correlation analysis, coefficient of determination and simple linear regression for statistical data analysis. The result of this research is the impact of Indah Nada Puspita’s Instagram toward her instagram follower’s motivation to wear hijab is 23%. While the results of statistical calculations show the value of F arithmetic of 29,329 and the significance of 0.000 <0.05. This proves that Instagram Indah Pada Puspita account has a significant influence on interest of followers in hijab. Keywords: Hijaber; Instagram; Interest; Uses and GratificationsReferensi
Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relation, Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Media Kita.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Rajawali Pers.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariandja, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Grasindo.
Hutagalung, I. (2015). Teori-teori Komunikasi Dalam Pengaruh Psikologi. Jakarta: Indeks.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Linaschke, J. (2011). (E-Book) Getting The Most from Instagram.
Mayfield, A. (2008). (E-Book) What is Social Media? London: iCrossing.
McQuail, D. (2011). Mass Communication Theory. Jakarta: Salemba Humanika.
RI, T. P. (2014). (E-Book) Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI.
Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan prosedur SPSS). Jakarat: PT Elex Media Komputindo.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, W., & Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Vivian, J. (2015). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.
Wollipop Lifestyle. (2015). Retrieved from Wollipop: https://wolipop.detik.com/read/2015/03/23/142955/2866924/1634/indah-nada-puspita-blogger-hijab-sukses-yang-kini-coba-jadi-penyanyi