GAYA PEMIMPIN CORPORATE COMMUNICATIONS PT. BIO FARMA

Penulis

  • Veny Purba Universitas BSI
  • Ade Hikayat Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.10358/jk.v3i2.568

Abstrak

Abstrak Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana gaya pemimpin divisi Corporate Communications PT Bio Farma dalam membangun hubungan internal. Hubungan ini dibangun oleh gaya kepemimpinan transpormasional. Informan penelitian ini sebanyak 4 orang dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Metode yang digunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif adapun teori yang digunakan yaitu manajemen relasi dari Ledingham yaitu Pemimpin corporate communications PT Bio Farma memiliki tujuan untuk membangun komunikasi yang efektif agar terciptanya hubungan kekeluargaan yang erat antara pemimpin dengan staffnya. Pemimpin corporate communications PT Bio Farma memiliki kemampuan komunikasi pribadi yang baik dalam menumbuhkan kreativitas, motivasi dan inovasi kepada staff karyawannya. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transpormasional dengan empat dimensi yaitu: karisma, stimulasi intelektual, perhatian individu dan motivasi inspirasional. Kata Kunci: Gaya, Kepemimpinan, Transpormasional, Hubungan Internal Abstract This research describes how the leader of Corporate Communications division of PT Bio Farma in building internal relations. This relationship is built on a transpormational leadership style. Informant of this research as much 4 people with technique of collecting data of interview and observation. The method used by case study with qualitative approach as the theory used is relationship management from Ledingham namely Leader corporate communications PT Bio Farma has a goal to build effective communication in order to create a close familial relationship between the leader and his staff. Corporate communications leader PT Bio Farma has good personal communication skills in fostering creativity, motivation and innovation to its employees. The results of this study are transpormational leadership style with four dimensions: charisma, intellectual stimulation, individual attention and inspirational motivation. Keywords: Style; Leadership Transformational;, Internal Relations

Referensi

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Cutlip, Center, and, Broom. 2009. Effective Public Relations-edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.

Devito, Joseph. A. 2011. Komunikasi Antar Manusia Edisi Kelima. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group. Hlm. 58.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu, Ed. Pertama.

______________. 2013. Be A Good Communicator. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, hal. 29.

Ismail, Nawawi. 2010. Prilaku Organisasi. Jakarta: Dwi Putra Pustaka Jaya, hal. 265.

John M, Ivan Cevich, Robert Konopaske, Michael T. Matteson. 2005. Perilaku dan Manajemen Orgnisasi. Jakarta: Erlangga, hal. 194.

Kriyantono, R. (2014). Teori public relations perspektif barat & lokal: aplikasi penelitian dan praktik. Jakarta: Kencana.

Lensufiie, T. (2010). Leadership untuk profesional dan mahasiswa. Jakarta: Erlangga.

Rahmat. Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hal.118

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hal.6.

Prajogo, W. (2003). Pengaruh kepemimpinan transaksional-transformasional. Jakarta: Kinerja 7 (2), 79- 149

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. Hal. 33

Winangsih, Rahmi, &, Sihabudin, Ahmad. 2012. Komunikasi Antar Manusia. Serang: Pustaka Getoktular. Hlm: 114

Diterbitkan

2017-10-18

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian