HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA HUBUNGAN KERJA PIMPINAN DENGAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi kasus pada KFC Suzuya Binjai)

Penulis

  • Sukadamai Gea Universitas Putera Batam (UPB)

DOI:

https://doi.org/10.10358/jk.v2i2.564

Abstrak

Abstrak Hambatan komunikasi antarpribadi di KFC Suzuya Binjai sebenarnya bersumber pada luasnya jaringan sistem informasi pada KFC perseroan yang menyebabkan jauhnya Span of control pada perusahaan, sehingga keputusan yang menyangkut input atau ide dari bawahan karyawan tidak sampai ke tingkat atas secara utuh, ditambah lagi obyektifitas yang ketat atas penilaian atau supervisi terhadap kinerja karyawan oleh atasan sedangkan volume pekerjaan sangat tinggi. Sosialisasi terhadap aturan-aturan atau kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan masih ada yang kurang diketahui dan dipahami secara benar oleh karyawan. Proses komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan khususnya yang menyangkut komunikasi antara pimpinan dan karyawan merupakan faktor penting dalam menciptakan suatu organisasi yang efektif. Komunikasi yang efektif ditentukan oleh pihak-pihak yang terlibat didalamnya, yaitu pimpinan dan karyawan. Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi selama proses komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan di Kentucky Fried Chicken (KFC) Suzuya Binjai. Untuk mengetahui proses komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan dalam meningkatkan kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan lewat wawancara dan observasi dengan Manager dan wakil Manager KFC yang dianggap sebagai pembuat kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan di KFC Suzuya Binjai terjadi dengan baik, dimana komunikasi tersebut sudah dilakukan secara terbuka, memiliki empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan antar pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada KFC Suzuya Binjai. Proses komunikasi antarpribadi juga telah berjalan baik, dimana Manager selalu menjelaskan berbagai informasi penting kepada karyawan. Disamping itu juga memberikan berbagai pelatihan yang tujuannya untuk dapat memotivasi karyawan supaya mampu bekerja secara lebih baik dan profesional. Kata Kunci: Komunikasi antarpribadi; Pimpinan; Kinerja; Karyawan Abstract The obstacles of the personal communication between personal at KFC Suzuya Binjai came from the large of information system network at KFC company that caused the longspan of control at the company, so the decision about input and idea from the employer could not reach to the higher level completely, moreover the tough rule for the scoring or supervision to the employer performance by the leader but the volume of the work is high. The socialization about the rule or regulation from the company was not completely understood by the employer. The process of communication that occurs in the company in particular concerning the of communication between the and employees is an important factor in creating an organization that effective. Communication effective determined by the parties involved in which, namely the and employees. The purposes of the research were: to know the obstacles happened during the process of personal communication between the leader and the employer in increasing the performance of the employerat Kentucky Fried Chicken (KFC) Company in Suzuya Binjai. to understand the process of communication between the leader and the employer in increasing the performance of work. The method of research used in the researh was Qualitatif Descriptive Method. The technique of collecting data was by Observing and Interviewing the information from the manager and the dean of manager of KFC as the author of the wisdom. The result of this research showed that the process of interpersonal communication between the leader and the employer at Kentucky Fried Chicken(KFC) Company in Suzuya Binjai ran well, where the activity was done offensively, with emphaty, supporting action, positive action and the equal level between the leader and the employer in increasing the performance of the employer work at KFC Suzuya Binjai. The process of personal communication between personal ran well, where the manager always explained various important information to them. Besides that, the manager also trained some kinds of training that fuctioned to motivate the employer so that they could work better and more profesional. Keywords: Interpersonal Communication; Leadership; Performance; Employee

Referensi

Arni, Muhammad. 2007. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Effendi, Onong U. 2004. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bhakti.

Hadari Nawawi. 1996. Instrumen Penelitian bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Herujito, Yayat M. 2001. Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Grasindo.

James L. Loebbecke. 2008. Komunikasi suatu Pendekatan Terpadu. Jakarta : Terjemahan oleh Amir Abadi Yusuf, Buku Dua, Edisi Indonesia, Salemba Empat.

Joseph A. Devito, 2007, Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Penerbit professional Books.

Kriyantono, R. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Prenada Remaja Rosdakarya.

Ludlow, Ron dan Fergus, Panton. 1992. The Essence Of Effective Communication, London: Prentice Hall.

Miles dan Huberman. 1992. Dasar-dasar dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Press.

Moloeng. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Penerbit Rosda.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purba, Amir dkk. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Penerbit Pustaka Bangsa Press.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. 5th. Bandung: cv.Alfabeta

Sutopo. 1988. Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.

Wiryanto, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Widia sarana Indonesia.

Diterbitkan

2016-10-18

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian